Klaim Jokowi: Tak ada rasa takut dalam diri saya

Senin, 26 Oktober 2015 | 13:41 WIB ET
(Twitter @jokowi)
(Twitter @jokowi)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Amerika Serikat (AS), Minggu (25/10), dalam rangka kunjungan ke Gedung Putih untuk bertemu Presiden AS Barack Obama.

Setelah menempuh perjalanan selama 27 jam, Jokowi dan Ibu Negara Iriana akhirnya mendarat di Pangkalan Udara Joint Base Andrews, di negara bagian Maryland, Amerika Serikat, kemarin, pukul 10.25 waktu setempat.

Di hari pertama dalam rangkaian kunjungannya, Jokowi menemui Diaspora Indonesia di Wisma Tilden, Washington DC. Jokowi mengatakan, masyarakat Indonesia, termasuk di luar negeri, agar tidak perlu meragukan keberanian pemerintah.

Pemerintah berupaya melakukan transformasi fundamental ekonomi dari ekonomi berbasis konsumsi menuju ekonomi berbasis produksi. Perubahan itu diakui terasa berat dalam jangka pendek.

"Dalam jangka panjang, jalan yang kita lalui jalan yang benar," ujar Jokowi lewat siaran pers yang dikirimkan tim komunikasi presiden Ari Dwipayana, Senin (27/10) pagi.

Jokowi mengakui, tantangan terberat Indonesia saat ini seperti dihadapi banyak negara lain adalah perlambatan ekonomi dan kurs. "Ditambah tantangan yang dihadapi saat ini di Tanah Air adalah masalah kebakaran dan kabut asap," kata Jokowi kepada sekitar 1.250 warga negara Indonesia WNI), di Washington DC.

Jokowi mencontohkan sejumlah keberanian dan ketegasan pemerintah, misalnya pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke sektor produktif. Kemudian upaya menekan produk-produk impor seperti beras, jagung, kedelai, gula, dan daging.

Jokowi mengatakan tekad tersebut menghadapi banyak tekanan. "Tidak ada rasa takut dalam diri saya," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: