Rayakan ultah, komunitas penyebar sedekah nasi bungkus perkuat semangat berbagi

Jum'at, 11 Desember 2015 | 15:33 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Komunitas Sedekah Bungkusan (Sebung Surabaya) menggelar ulang tahun ketiganya dengan terus meningkatkan solidaritas dan semangat untuk berbagi. Tema ulang tahun komunitas tersebut adalah "Unity in Charity".

Ketua Panitia Ulang Tahun Sebung Surabaya A. Zainal Abidin mengatakan, terdapat sejumlah rangkaian acara untuk merayakan ultah Sebung Surabaya. "Tema besar Unity in Charity kami ambil untuk menggabungkan semua elemen, mulai dari penggerak, donatur, media partner hingga komunitas lain yang pernah terlibat di dalam kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh Komunitas Sebung Surabaya, ke dalam sebuah kesatuan guna menyebarkan semangat berbagi," ujar Zainal.

Rangkaian acara ini sudah dimulai sejak awal bulan November 2015, ditandai dengan menyebarkan virus berbagi melalui sebuah tulisan yang diberi tajuk “Share Your Story”. Para penggerak ataupun elemen lain diberikan kesempatan untuk menulis pengalaman menarik dan inspiratif mereka selama mengikuti kegiatan Sebung Surabaya dalam bentuk cerita sepanjang 200 kata, tulisan-tulisan ini akan digabungkan menjadi kumpulan cerita yang selanjutnya akan disebarkan melalui website dan media online yang dimiliki oleh Sebung Surabaya agar semua masyarakat dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga ketika membacanya.

"Tidak hanya itu, rangkaian acaranya dilanjutkan dengan membuka pintu donasi yang hasilnya digunakan untuk membantu gelandangan, tukang becak, pemulung, dan lain-lain (target Sebung Surabaya) dalam bentuk paket yang berisikan 1 nasi bungkus dan air minum, sebuah sarung serta lotion anti nyamuk," imbuh Zainal.

Setelah dua rangkaian acara tersebut, pada tanggal 11 Desember hingga 12 Desember 2015 dini hari, “Sharing in Action” menjadi puncak peringatan ulang tahun Sebung Surabaya. Dikatakan sebagai acara puncak karena, pada acara yang digelar di Halaman Parkir Fakultas Hukum Universitas Airlangga sebagai titik kumpul, semua elemen yang terlibat bersamasama turun ke jalan untuk membagikan 800 paket kepada target Sebung Surabaya. Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini rombongan yang terlibat akan dibagi menjadi dua untuk menjangkau target yang tersebar di wilayah utara dan selatan Surabaya.

Rangkaian acara peringatan ulang tahun Sebung Surabaya diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan lampion sebagai bentuk rasa syukur, karena telah dipercaya dan selalu diberikan semangat untuk selalu berbagi kini dan nanti.

Acara lain dalam perayaan ulang tahun Sebung Surabaya adalah Together in Frame, yaitu foto bersama sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh elemen yang telah terlibat dalam menjaga dan menyebarkan semangat berbagi .

Kemudian ada acara Pic of the Day, ajang bagi para elemen yang terlibat untuk mengabadikan momen berharga dan inspiratif dalam bentuk jepretan foto yang diambil dalam rangkaian acara “Sharing in Action”.

Selain itu, ada ajang Three of Hope, yaitu sarana untuk menampung pesan, kesan dan harapan untuk Sebung Surabaya dari penggerak, donatur, komunitas pendukung maupun media partner yang telah terlibat dalam rangkaian acara Sebung Surabaya. kbc8

Bagikan artikel ini: