loading...
Kategori
Rubrik SpesialKadin Jatim
Mode Baca

359 pengurus Kadin Jatim dilantik

La Nyala Ingin rangkul semua elemen

Online: Sabtu, 10 Oktober 2009 | 08:26 wib ET

SURABAYA - Sebanyak 359 pengurus Kamar Dagang Industri (Kadin) Jawa Timur periode 2009-2014 dilantik. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi di Jl. Gubernur Suryo, Surabaya, Jumat malam (9/10/09).

Beberapa wajah lama yang sebelumnya sudah menjabat kepengurusan terlihat masih dipertahankan. Sementara wajah baru juga ikut mewarnai kepengurusan Kadin kali ini. Mulai dari kalangan akademisi, politikus, hingga pekerja media dan pegawai pemerintah.

Ketua Dewan Penasehat Kadin Jatim dijabat oleh Alim Markus, sementara Wakil Ketuanya dijabat oleh Melinda Tedja, Dahlan Iskan, Abdul Manan Chamid, Imam Sunardi, Dwi Sutjipto, dan Yos Adiguna Ginting.

Sementara Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Jatim dipegang oleh Teguh Kinarto dengan Wakil Ketua Chaerul Djaelani, Djarwo Surjanto, Sirmadji, Freddy Katuari, Ali Badri, dan Henry J. Gunawan.

Adapun pengurus Kadin Jatim Periode 2009-2014 dengan Ketua Umum La Nyalla Mahmud Mattalitti memiliki 28 Wakil. Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan dijabat oleh Deddy Suhajadi. Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Asosiasi dan Himpunan dijabat Adri Istambul Lingga Gayo, Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Daerah Sutan Kasidal, Wakil Ketua Umum Jasa, Perdagangan, dan Promosi Dalam Negeri Tjipto Budiono.

Sementara Wakil Ketua Umum Jasa, Perdagangan Luar Negeri Dijabat Isdarmawan Asrikan, Wakil Ketua Umum Bidang Industri dan Lingkungan Hidup Alim Satria, Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kreatif Misbahul Huda, Wakil Ketua Umum Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Nelson Sembiring, Wakil Ketua Umum Bidang Investasi Turino Junaedy, Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi Mardjito, Wakil Ketua Umum Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah HM. Rizal, Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Husein Latief, Wakil Ketua Umum Bidang Telekomunikasi, Teknologi Informatika Marwoto Hadisoemarko, Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata Edy Antoro Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Syari'ah M. Nafik H. R, Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Perbankan Muljanto, Wakil Ketua Umum Bidang Sumber Daya Manusia Bambang Purwoko, Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan L. Welem H. Elimkusuma, Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Antakelembagaan Basa Alim Tualeka, Wakil Ketua Umum Bidang Agrobisnis Subijono, Wakil Ketua Umum Bidang Peternakan Tonny Rosmadianto, Wakil Ketua Bidang Perikanan dan Kelautan Mochammad Nadjikh, Wakil Ketua Umum Bidang Jasa Konstruksi dan Konsultasi Mohammad Amin, Wakil Ketua Umum Bidang Properti Ichsan Suaidi, Wakil Ketua Bidang Pajak dan Sistem Fiskal Herman Halim. Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Jaringan Usaha Antarprovinsi Diar Kusuma, dan terakhir Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Etika Bisnis Sabron Djamil Pasaribu.

Dalam perbincangannya dengan para wartawan, Nyalla menyatakan akan berusaha mewujudkan keseimbangan ekonomi Jatim dengan mengambil langkah sebagai partner strategis bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim.

Dan dengan jumlah kepengurusan yang cukup banyak tersebut diharapkan bisa lebih fokus dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Selama lima tahun kedepan, Kadin akan memprioritaskan pada tiga program," tekannya.

Ketiga program tersebut adalah mendorong pembangunan infrastruktur pendukung laju perdagangan domestik dan luar negeri. Mulai dari akses jalan, jembatan, hingga pelabuhan. Kedua memperkuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan berupaya membuka akses pasar baik dalam maupun luar negeri. Dan terakhir berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif di Jatim.

Galang dana bantuan untuk Padang

Sebagai wujud keprihatinan Kadin Jatim terhadap bencana gempa yang menimpa masyarakat Padang dan Pariaman Sumatra Barat, dalam acara pelantikan tersebut Nyalla sebagai Ketua Umum Kadin Jatim juga berupaya menggalang dana bantuan ke Padang dengan spontanitas.

Selain bantuan atas nama pengurus Kadin Jatim sebesar Rp280 juta, Beberapa pengusaha juga turut berpartisipasi. Nyalla sendiri menambah sumbangannya sebesar Rp50 juta, Alim Markus menyumbang Rp280 juta, Henry J. Gunawan menyumbang Rp140 juta, Budi Widjaya Rp50 juta, Teguh Kinarto Rp50 juta dan masih banyak lagi.

Dan tidak sampai 10 menit, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp1,75 miliar. Dana tersebut kemudian diserahkan kepada Gubernur Jatim Soekarwo atas nama Kadin Jatim untuk selanjutnya disalurkan ke Padang Sumatra Barat. kbc6

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
12/22/2014
12.449
IHSG
12/22/2014
5.125,77
-18,85 (-0,37%)