Ketahui niche market dalam berbisnis online

Minggu, 20 Desember 2015 | 01:45 WIB ET

SALAH satu poin penting yang perlu dilakukan para pemula sebelum menekuni peluang bisnis di internet yaitu memilih niche market yang cukup potensial bagi bisnis mereka. Ramainya persaingan pasar di bisnis online saat ini, secara tidak langsung memaksa sebagian besar pemula untuk saling berebut pasar dengan pelaku bisnis online lainnya. Sehingga memilih fokus di salah satu niche market menjadi salah satu strategi bisnis untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin hari semakin padat.

Apa itu niche market?

Niche market (ceruk pasar) sering diartikan sebagai kelompok konsumen atau target pasar yang memiliki ketertarikan pada sebuah bidang yang sama. Dengan menentukan niche market tertentu maka Anda dapat mulai fokus menjalankan bisnis online secara optimal, karena Anda hanya menangani satu bidang tertentu yang banyak diminta konsumen Anda. Misalnya saja seperti bisnisukm.com yang sengaja memilih niche bisnis untuk lebih fokus memberikan total solusi kapada para pengunjung yang membutuhkan segala informasi tentang usaha.

Meskipun pemilihan niche market sangatlah penting dalam memulai bisnis online, namun pada kenyatannya banyak para pemula yang masih bingung untuk mencari pasar yang paling tepat bagi bisnis onlinenya. Melihat kenyataan tersebut, pada kesempatan kali ini kami mencoba berbagi informasi kepada para pembaca tentang beberapa tips memilih niche market dalam berbisnis online.

1. Lakukan riset pasar

Sebelum memilih niche market yang paling tepat dengan bisnis Anda, sebaiknya lakukan riset pasar untuk memilih bidang apa yang saat ini diminati para pengguna internet. Anda bisa menggunakan mesin pencarian seperti google untuk mengetahui keyword (kata kunci) yang banyak dicari pasar. Sehingga peluang Anda untuk mendapatkan untung besar dari bisnis di internet, semakin terbuka lebar.

2. Pilih niche market yang tidak terlalu luas

Pilihlah ceruk pasar yang lebih spesifik (khusus), agar Anda dapat fokus di bidang tersebut dan memberikan solusi kepada konsumen Anda dengan lebih optimal. Saat ini para pengunjung cenderung lebih pintar dalam memilih produk atau jasa yang ditawarkan pelaku bisnis online, karena itu fokuslah pada bisnis yang Anda jalankan dan berikan produk yang berkualitas serta tawarkan solusi tuntas untuk membantu permasalahan yang mereka hadapi.

3. Memilih pasar yang sesuai dengan minat dan bakat Anda

Minat dan bakat menjadi bagian dari modal usaha yang akan Anda butuhkan ketika menjalankan bisnis online. Karena itu pilihlah ceruk pasar yang sekiranya Anda minati, atau sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika membuat konten, mengingat keberadaan konten menjadi kunci utama kesuksesan sebuah bisnis online. Selamat berkarya dan salam sukses! (bisnisukm)

Bagikan artikel ini: