Cari UMKM berpotensi, JCI gelar kompetisi business plan

Selasa, 22 Desember 2015 | 11:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Organisasi kepemudaan internasional Junior Chamber Internasional (JCI) menggelar perlombaan business plan yang pertama kali di Indonesia. Project Director Best Business Plan Competion, Ricky C Bastian mengatakan pada lomba ini sekitar 50 orang peserta akan berkompetisi dengan mempresentasikan perencanaan bisnis masing-masing peserta dihadapan para juri.

Lomba ini sendiri diikuti 10 chapter atau cabang JCI dari seluruh Indonesia. Acara yang berlangsung di Spazio Hall Surabaya ini mengusung tema "Social Entrepreneurship & Creative Business".

"Dari seluruh peserta nantinya akan dipilih 3 orang finalis dari masing-masing kategori, dengan total 6 finalis untuk diberikan bantuan berupa fasilitas dan pelatihan-pelatihan tersendiri," katanya kepada wartawan Senin (21/12/2015).

Ia menambahkan, melalui lomba ini, JCI juga mencari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan business plan yang potensial. JCI siap memback-up para pelaku usaha ini untuk tumbuh dan berkembang agar bisa ebrsaing tdak hanya di level nasional namun juga internasional mengingat organisasi JCI berkembang di hampir seluruh negara di dunia.

Sementara itu Sekjen JCI Indonesia, Mahendra Adinegara mengatakan, target utama JCI saat ini adalah untuk mendorong semangat para pelaku usaha pemula dengan mengembangkan potensi entrepreneurship hingga ke tingkat internasional.

"Kita akan mengangkat para pelaku UKM ini untuk semakin tumbuh dan berkembang, bahkan mampu go internasional," ujarnya.

JCI juga terus berkomitmen mendukung semangat kewirausahaan salah satunya melalui pembentukan komite kewirausahaan tahun depan. Langkah ini dilakukan untuk menghadapi pasar bebas Asean atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). kbc8

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: