Trik hadapi komentar pedas di bisnis online

Rabu, 23 Desember 2015 | 16:08 WIB ET

SOSIAL media memang disediakan sebagai media berbagai apapun, seperti sekarang ini banyak yang memanfaatkannya untuk berbisnis online. Tak jarang dalam menjalani bisnis online pun para pebisnis mendapatkan berbagai komentar dari pembeli yang merasa puas bahkan ada yang merasa kecewa. Baik atau buruk komentar memang jelas akan memengaruhi bisnis online kita.

Untuk itu perlu kita analisa mana yang harus ditanggapi dan ditampilkan dalam sosial media kita dan mana yang hanya bisa dijadikan bahan evaluasi saja.

Berikut beberapa tips bagi pebisnis online yang juga sering mengalami hal serupa:

1. Terima pesan yang masuk

Setiap pesan yang masuk ke dalam private message sosial media kita harus kita terima. Dari situlah kita akan menemukan apa akar masalah yang membuat para pelanggan mengeluh dan memberikan komentar buruk terhadap bisnis kita. Sehingga kita juga bisa membantu mereka menyelesaikan masalah dari komentar tersebut.

2. Take a Screenshot

Jangan hanya membaca dan membalas setiap pesan. Setiap komentar ataupun pesan yang diberikan bisa kita jadikan dokumentasi untuk evaluasi dan pengembangan selanjutnya. Kita bisa mengambil gambar atau screeshot konten/pesan yang kita terima. Untuk kemudian kita simpan sebagai dokumentasi dan bahan evaluasi.

3. Jangan hapus komentar yang ada

Jika mendapat komentar buruk dari pelanggan, usahakan untuk tidak menghapusnya dari kolom komentar atau beranda homepage sosial media kita. Menjadi transparan kepada semua pelanggan adalah salah satu yang membuat sebuah bisnis bisa diterima. Baik atau buruk komentar mereka hanya bisa diterima menjadi hal yang baik dari jawaban dan tanggapan kita. Untuk itu saat menjawab sebaiknya kita tidak sedang emosi atau terbakar amarah. Sehingga tidak memberikan jawaban yang tidak diinginkan pelanggan.

4. Segera balas setiap komentar atau pesan yang masuk

Setelah mendpat notifikasi adanya pesan yang masuk, jangan pernah menunda untuk membalas pesan atau komentar. Karena bagaimanapun pelanggan yang memberikan komentar itu butuh jawaban yang pasti dari kita secepatnya. Maksimal 1 jam setelah mereka berkomentar kita memberikan jawaban. Jika dirasa perlu mintalah bantuan departemen terkait untuk menjawab pertanyaan yang ada.

5. Tetap menjaga prinsip dari bisnis kita

Jika memang bisnis kita memiliki standar dalam melayani pelanggan, berikan dan lakukan itu juga untuk melayani pelanggan sekalipun di sosial media. Sekalipun tidak bertemu secara langsung, pelanggan akan mudah menilai pelayanan yang kita berikan dimana dan kapan saja.

6. Berikan respon terhadap para komentator

Jangan bersikap seolah pilih kasih terhadap mana komentar baik dan buruk. Setiap komentar harus mendapat jawaban dan balasan sesuai dengan yang diberikan kepada kita. Jika memang harus, tidak ada salahnya meminta maaf kepada pelanggan melalui komentar yang kita jawab. Berikan solusi sesuai dengan masalah yang disampaikan. (ciputraentrepreneurship)

Bagikan artikel ini: