Versi BI, konsumen Indonesia makin optimistis tatap prospek ekonomi

Rabu, 6 Januari 2016 | 16:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan bahwa optimisme konsumen menguat pada akhir tahun 2015. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2015 tercatat sebesar 107,5, naik 3,8 poin dari bulan sebelumnya meskipun belum setinggi periode yang sama tahun lalu. Peningkatan IKK tersebut didorong oleh peningkatan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang tercatat naik masing-masing sebesar 6,2 dan 1,4 poin.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat pada Maret 2016. Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang naik 8,3 poin menjadi 160,6. Kenaikan harga terbesar diperkirakan terjadi pada kelompok perumahan, listrik, gas dan bahan bakar.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (Juni 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, posisi pinjaman 6 bulan yang akan datang diperkirakan lebih rendah dari bulan sebelumnya. kbc9

Bagikan artikel ini: