Malam ini, pianis muda Surabaya gelar konser akbar bareng musisi dunia

Jum'at, 15 Januari 2016 | 09:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Para pecinta musik piano klasik di Jawa Timur berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung konser akbar bertajuk "The Piano Concert of Steven Spooner and Nitya" di Ciputra Hall Surabaya, pada Jumat (15/1/2016) malam ini.

Pada gelaran musik yang akan berlangsung sekitar 90 menit itu akan menampilkan aksi bermain piano Nitya Primantari yang berduet dengan pianis kelas dunia asal Amerika Serikat, Steven Spooner.

"Saya memilih Steven untuk duet dengan saya dalam konser ini karena dulu kami pernah berkolaborasi dalam Summer Camp di Amerika, dan saya sudah lama mengenal Steven, bahkan belajar banyak dari dia," kata Nitya saat konferensi pers jelang konser, Kamis (14/1/2016).

Nama Steven Spooner sendiri sangat familiar bagi insan musik klasik. Selain merupakan peraih penghargaan beberapa kompetisi tingkat dunia, pria 45 tahun itu juga berprofesi sebagai asisten professor di University on Kansas.

Steven mengaku, konser piano tersebut merupakan yang pertama kali dilakukannya. Menurutnya, Kota Surabaya kini sudah jauh lebih berkembang dalam hal industri musik, khususnya musik klasik.

"Surabaya termasuk piano center di Indonesia setelah Jakarta. Banyak musisi piano datang dari Surabaya dan saya senang bisa membuat acara bersama Nitya," ungkap Steven.

Konser yang diperkirakan bakal dihadiri sekitar 600 penonton itu, akan menghadirkan lagu-lagu gubahan Steven dari lagi Queen berjudul "We are champion".

Dalam konser Nitya kedua di Surabaya ini, akan disajikan gubahan dalam bentuk yang lebih ringan sehingga penonton akan tetap suka, antara lain seperti lagu karya pianis Schubert and Brams.

Dijadwalkan, Nitya bakal memainkan empat lagu secara solo, sedangkan Steven memainkan empat lagu, dan ada tiga lagu dimainkan secara duet.

Nitya sendiri merupakan musisi Surabaya yang menjalani sekolah di Yong Siew Toh Conservatory of Music di Singapura, dan melanjutkan studi di Ecole Normale de Musique de Paris.

Selama di Paris, gadis kelahiran 2 Oktober 1991 itu kerap mengikuti berbagai kompetisi piano internasional seperti Ile de France pada 2014, dan kerap mengisi konser musik di Paris.

Sedangkan Steven Spooner merupakan pianis Amerika, yang juga artis Steinway, bintang dari acara televisi "A Life of Music". Selain sering tampil sendiri dan menghasilkan 15 album, Steven juga kerap berkolaborasi dengan musisi dunia lainnya.

Selain menggelar konser, Nitya sama Steven juga membagikan ilmu pianonya dengan menggelar master class selama tiga hari, yakni pada 16-18 Januari 2016.

"Kami bersyukur saat ini minat anak-anak muda bahkan anak kecil untuk belajar piano klasik terus meningkat. Yang terpenting adalah ada niat  dari anak itu sendiri, juga support dari guru dan orang tua," pungkas Nitya. kbc7

Bagikan artikel ini: