Baterai smartphone cepat habis di ruangan dingin ber-AC, apa sebabnya?

Jum'at, 22 Januari 2016 | 18:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tahukah Anda, bahwa cuaca dingin khas pegunungan atau ruangan ber-AC ternyata berpengaruh pada smartphone. Pasalnya suhu dingin diketahui bisa membuat baterai smartphone 'pingsan'.

Menurut pakar di uSwitch, baterai smartphone memang lebih cepat habis saat udara dingin akibat reaksi kimia di dalam si baterai berjalan lebih lambat. Udara yang sangat dingin membuat nilai hambatan pada baterai semakin besar. Semakin besar hambatan, otomatis jumlah energi yang dikeluarkan oleh baterai semakin kecil.

Hasilnya, indikator daya baterai pada smartphone bisa tiba-tiba menurun. Sejatinya, daya baterai smartphone itu masih banyak, namun hambatan yang besar membuat si baterai tidak bisa mengalirkan energi ke smartphone.

Saat suhu mendekati 0 derajat Celcius, smartphone juga lebih boros menggunakan daya baterai. Pada beberapa smartphone, suhu di bawah 0 derajat dapat meningkatkan pemakaian daya baterai sampai 2 kali lipat.

Oleh karena itu, langkah terbaik yang bisa dilakukan bila Anda kerap meletakkan smartphone di dekat AC adalah menambahkan casing. Casing dapat menjaga panas tetap berada di dalam smartphone, membuatnya tetap bekerja optimal. kbc10

Bagikan artikel ini: