Majalah Internal Pelindo III dinobatkan jadi majalah terbaik 2016

Kamis, 11 Februari 2016 | 07:38 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Versi digital dari Majalah Dermaga, salah satu majalah referensi seputar kepelabuhanan di Indonesia, meraih penghargaan untuk kategori The Best e-Magazine pada ajang InMA (Indonesia Inhouse Magazine Award) Tahun 2016.

Kompetisi tahunan untuk sampul muka media cetak itu diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) dan dianugerahkan di tengah suasana peringatan Hari Pers Nasional tahun 2016 yang dipusatkan di Mataram, Lombok.

Direktur SPS Pusat Asmono Wikan mengungkapkan jika di tengah perubahan tren pola konsumsi media di Indonesia, media cetak dituntut lebih kreatif untuk mengemas konten. "Adanya ajang ini diharapkan dapat merangsang lahirnya karya yang kreatif dan relevan, untuk menarik khalayak demi meningkatkan budaya membaca," ujarnya dalam rilis yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Rabu (10/2/2016).

Sementara itu, praktisi Public Relations Silih Agung Wasesa yang menjadi anggota dewan juri mengatakan terjadi peningkatan kualitas dari karya peserta khususnya bagi majalah yang diterbitkan oleh institusi baik pemerintahan maupun perusahaan. "Terlihat dari usaha mengemas sampulnya agar lebih menarik pembaca," katanya.

Pada kesempatan yang sama, fotografer senior Harian Kompas, Agus Susanto yang juga menjadi juri di ajang tersebut menjelaskan bahwa kesesuaian tema (headline) dengan foto merupakan aspek yang penting.

"Sesuai dengan tema acara tahun ini, yakni Kreativitas dan Inovasi Tanpa Batas, Pelindo III terus mendorong pengembangan arus informasi dunia kepelabuhanan, salah satunya dengan berinovasi menerbitkan dalam versi digital sejak tahun 2011," kata Direktur SDM dan Umum, Toto Heli Yanto, usai menerima piagam penghargaan.

"Hampir seluruh artikel kepelabuhan dan maritim yang terbit setiap bulannya, ditulis sendiri oleh humas sekretariat perusahaan, humas pelabuhan cabang, hingga anak usaha dan para karyawan. Majalah Dermaga jadi simbol kemandirian dan soliditas tim humas dalam menyajikan informasi untuk para stakeholder pelabuhan dan masyarakat umum," ujarnya.

Majalah Dermaga berhasil memikat perhatian dewan juri di antara 179 entri dari berbagai media internal lembaga dan institusi perusahaan lainnya di Indonesia. 

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Majalah Dermaga mengatakan jika majalah tersebut terbit setiap bulan dengan 64 halaman dan merupakan free magazine.  Majalah diedarkan secara gratis kepada ratusan stakeholder kepelabuhanan, lemabga pemerintahan, lembaga pendidikan, dan lainnya.

"Majalah Dermaga sudah terbit selama 27 tahun. Selama itu pula kami menyajikan informasi kepelabuhanan kepada pembaca setia kami," jelasnya.

Selain InMA, pada ajang tersebut juga dianugerahkan sejumlah penghargaan lain, seperti Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), dan juga Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA). Total ada 885 entri dari 224 perusahaan dan lembaga. kbc6

Bagikan artikel ini: