Bergaya sambil berderma bersama moge

Senin, 07 Maret 2016 | 11:16 WIB ET

BERKELILING dengan menggunakan motor gede (Moge) memang mendatangkan kepuasan tersendiri. Apalagi motor yang dinaiki adalah motor Harley Davidson, motor yang memiliki nilai historis dan berkarakter.

Dengan suaranya yang menderu dan desainnya yang gagah, pengguna akan merasakan sensasi yang berbeda. Motor ini dianggap memiliki nilai historis karena awalnya Harley adalah motor pesanan Amerika yang digunakan dalam perang dunia. Dan ini tidak dimiliki oleh motor lain. Tak heran jika semakin banyak masyarakat kalangan atas yang ingin memiliki motor yang harganya mencapai ratusan juta atau bahkan milyaran ini dan bergabung dalam komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI).

 “Anggota kami dari tahun ke tahun semakin banyak. Di seluruh Jawa Timur, ada sekitar 500 orang, sementara di Surabaya mencapai 300 orang. Kami biasanya berkumpul setiap minggu, walaupun tidak semua anggota bisa datang, karena organisasi ini adalah organisasi hobi. Kecuali kalau ada even besar, pasti semuanya kumpul,” ujar Humas HDCI Surabaya, Saifullah Maulana kepada kabarbisnis.com.

Biasanya, setiap minggu mereka melakukan ”touring pendek” seperti dari Surabaya ke Batu atau dari Surabaya ke Trawas, Mojokerto. Dan pada akhir bulan, mereka akan melakukan “touring panjang”, misal dari Surabaya ke Jogjakarta atau dari Surabaya ke Bali. Selain sebagai wahana mempererat hubungan antar anggota komunitas, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi wisata dalam negeri.

“Kami biasanya mengunjungi berbagai  tempat wisata sebagai wujud kecintaan HDCI kepada nusantara dan wujud keikutsertaan HDCI dalam mempromosikan potensi wisata Indonesia,” kata pria yang mengaku jatuh cinta dengan moge sejak masih kanak-kanak tersebut.

Selain itu, “touring” juga seringkali dilakukan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam benak anggota HDCI dan masyakat umum. Biasanya, touring tersebut dilakukan saat hari kemerdekaan Indonesia atau pada saat hari pahlawan, seperti pahlawan touring yang akan digelar di Surabaya di bulan November 2016 besok.  “Pahlawan touring ini adalah even nasional yang diadakan dua tahun sekali, anggota HDCI di seluruh Indonesia akan berkumpul disini,” ujar Saifullah yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Kompartemen Minyak dan Gas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim.

Tidak hanya touring, komunitas yang lahir di era 90an ini juga kerap mengadakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu guna meringankann beban mereka. Seperti operasi katarak, sunat massal, menyediakan ambulan gratis, membangun tempat ibadah seperti  masjid dan gereja atau memberikan beasiswa pendidikan kepada anak cacat.

“Mulai tahun ini konsep Corporate Social Responcibility HDCI berubah. CSR lebih ditujukan untuk pendidikan dan hal-hal yang lebih bermanfaat . Jumlah penerima bantuan memang lebih sedikit, tetapi jumlah bantuan yang diberikan lebih besar. Langkah ini dilakukan agar CSR lebih tepat sasaran,” ujarnya. kbc6

Bagikan artikel ini: