Tiga hal ini wajib dimiliki calon startup

Minggu, 3 April 2016 | 09:18 WIB ET

DEMAM startup yang melanda Indonesia patut diapresiasi. Hal ini menunjukkan minat pemuda Indonesia untuk mengembangkan industri TI di Indonesia meningkat. Namun tidak mudaha untuk bisa menjadi technopreneur yang bisa berkembang pesat. Ada beberapa hal yang musti dimiliki bagi calon startup. Apa itu?

Dalam acara Google for Mobile di Jakarta, baru-baru ini, Melissa Irene dari East Venture menyebut, tiga karakter yang wajib diperlukan seorang Founder untuk mengembangkan usahanya agar terus berjalan ke arah baik.

"Kredibilitas atau kepercayaan harus dipegang seorang Founder artinya ia tidak plin plan, lalu ada self awareness agar seseorang tahu kelebihan dan kelemahan dirinya. Terakhir, sifat arogan namun tetap rendah diri, biasa kita sebut paradoks," sebut Irene.

Ketiga karakter ini diperlukan agar seseorang yang mau mengembangkan startup tidak gampang menyerah di tengah jalan jika terjadi masalah di kemudian hari. Selain karakter, visi dan misi dari sebuah perusahaan rintisan mutlak diperlukan agar tahu tujuan yang ingin dicapai.

"Startup dibangun untuk menjadi problem solving masyarakat. Masalah kompleks dapat menjadi potensi menarik untuk dikembangkan ke arah lebih baik," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informasi mempunyai misi agar Indonesia memiliki 1.000 teknopreneur. Hal ini menjadi salah satu cita-cita presiden Jokowi agar Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia. kbc10

Bagikan artikel ini: