Media dan hotel di Surabaya kompak kampanye anti-plastik

Selasa, 5 April 2016 | 07:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Berangkat dari sebuah kekecewaan terhadap masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam penggunaan tas kain sebagai pengganti tas plastik, Forum Komunikasi Hotel dan Media Jawa Timur (FKHM) Jatim menggandeng Komunitas Bicara Surabaya serta didukung oleh pemerintah Kota Surabaya melakukan kampanye anti plastik di area Car Free Day Raya Darmo Surabaya dan Kebun Binatang Surabaya kepada pengunjung KBS yang membawa tas kresek.

Acara yang di kemas dalam Fun Walk bertemakan "Nyampah Ga Berkah, Plastik Tak Asik" ini mendapat sambutan yang positif oleh Wakil Gubernur Saifullah Yusuf yang akrab dipanggil Gus Ipul. Bersama para pimpinan Hotel-hotel dan staf serta awak media yang menjadi peserta dalam acara FKHM Fun Walk 2016 ini. "Ini kegiatan penting untuk mengedukasi masyarakat untuk biasa hidup bersih. Karena manusia semain banyak dan bumi tetap, sayang kalau tidak diterapkan. Seperti hotel itu selalu dengan lingkungan yang bersih harus terus dilaksanakan." tutur Gus Ipul saat memberikan sambutan, Minggu (3/4/2016).

Dia menambahkan, kedisiplinan dan kebersihan yang ada di lingkungan hotel patut disebarluaskan kepada masyarakat. "Hotel kalau tentang kebersihan menjadi prioritas. Bahkan itu sudah menjadi SOP, nah kedisiplinan itu perlu ditularkan," ujarnya. 

Kegiatan ini diawali dengan memungut sampah di area Car Free Day Raya Darmo Surabaya dan diakhiri dengan menukar tas kresek dengan tas kain di area Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kegiatan ini membawa pesan moral kepada masyarakat untuk peduli dengan kebersihan lingkungannya serta mengurangi penggunaan tas plastik terutama tas kresek, sehingga diharapkan dapat mengurangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan. 

FKHM FUN WALK 2016 merupakan bentuk dukungan pada program pemerintah untuk mengurangi tas kresek di masyarakat. Kurang lebih 40 Hotel dan puluhan media, baik cetak, online, radio dan televisi menyediakan lebih dari 1000 tas kain untuk ditukar dengan tas kresek yang dibawa oleh pengunjung KBS ujar Awang Sidharta, ketua panitia FKHm Fun Walk 2016.

Selain menggelar razia tas kresek, FKHM Jatim juga mengajak, mengedukasi dan memberikan santunan kepada 50 anak panti asuhan Khusnul Yaqin Sidoarjo, serta menikmati fasilitas di Kebun Binatang Surabaya. kbc10

Bagikan artikel ini: