Film animasi Battle Of Surabaya kembali raih penghargaan internasional

Minggu, 10 April 2016 | 11:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Film animasi karya anak bangsa,Battle of Surabaya, kembali membawa penghargaan di festival internasional pada awal tahun ini.

Penghargaan ini membuktikan film dengan total biaya produksi Rp15 miliar yang dikerjakan selama tiga tahun, mampu menembus pasar internasional.

Sejumlah penghargaan yang diraih seperti, Winner Remi Award The 49th Annual WorldFest-Houston 2016, Winner Best Animated Film Feature 3rd Noida International Film Festival 2016 di India, Official Selection Holland Animation Film Festival Netherland (HAFF) 2016, Tributes Special Acreenings 11th Athens Animfest, dan Official Selection Dingle International Film Festival 2016 di Irlandia untuk kategori Feature Animated Films.

Salah satu festival, Dingle International Film Festival yang diselenggarakan 17-20 Maret lalu, merupakan festival animasi terbesar yang diadakan di Irlandia. Battle of Surabaya bersaing dengan film animasi terpilih dari Irlandia, Prancis, Jepang dan USA. Dalam festival tersebut, Battle of Surabaya juga ditayangkan pada 20 Maret 2016 di The Phoenix Cinema.

Film Battle of Surabaya dalam versi internasional disebut November 10th. Pada versi internasional memiliki pengisi suara yang berbeda dengan versi nasional. Beberapa artis dari berbagai negara ikut berperan dalam film yang dikerjakan 100 persen oleh animator lokal ini, diantaranya Alistair Hendry (Musa), Angela Nazar (Yumna), Keagan Kang (Danu). Sementara, pada versi aslinya, pengisi suara yakni Ian Saybani (Musa), Reza Rahadian (Danu), Maudya Ayunda (Yumna).

Head of PR and Marketing MSV Pictures Agung Wijanarko menuturkan keikutsertaan dalam Dingle International Film Festival 2016 tidak hanya mengenalkan film ini kepada masyarakat di Irlandia. Namun, ini sebagai salah satu upaya agar Battle of Surabaya dapat menembus pasar internasional.

"Festival menjadi ajang menguji suatu karya," katanya.

Sebelumnya film ini berhasil meraih berbagai penghargaan, seperti:

  • (Winner) Digital Animation, INAICTA. 2012.
  • (Winner) Indigo Fellowship, PT Telkom Indonesia. 2012.
  • (Nominee) Appreciation Film of Indonesia, Mendikbud. 2012.
  • (Winner) People Choice's Award, International Movie Trailer Fetival (IMTF). 2013.
  • (Nomination) Best Foreign Animation Trailer, The 15th Annual Golden Trailer Award. 2014.

Film "Battle of Surabaya" merupakan film adaptasi yang berlatar belakang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Film tersebut bercerita tentang perjalanan seorang anak yang berprofesi sebagai penyemir sepatu bernama Musa.

Dalam perjalanannya, Musa menjadi kurir surat penghubung antara pejuang dan militan. Battle of Surabaya menceritakan perjalanan ego Musa yang menjadi seorang pahlawan dalam pertempuran pada awal Indonesia merdeka.

Film ini ingin mengangkat cerita bahwa semua orang bisa menjadi pahlawan dengan caranya sendiri. Lantaran hal itu, tokoh dalam film bukan pahlawan super. Tokoh dalam BOS diceritakan mengalami proses menjadi pahlawan yang bisa ditiru dalam kehidupan nyata.

Cerita film BOS memakai plot yang diadaptasi dari film-film Hollywood. Pembuatan BOS memakan waktu hingga dua tahun dengan melibatkan 70 animator. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: