Kemendag gencar kenalkan kuliner Indonesia di Amerika Serikat

Selasa, 31 Mei 2016 | 10:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perdagangan, melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago, Amerika Serikat, mempromosikan produk kuliner natural dan organik dalam negeri dalam acara National Restaurant Association (NRA) Show di McCormick Place, Chicago.

"Kami ingin banyak restoran Indonesia tumbuh di Amerika. Semakin banyak restoran Indonesia, makin mudah mempromosikan produk-produk kuliner Tanah Air," kata Kepala ITPC Chicago, Wijayanto, dalam siaran persnya, Senin (30/5/2016).

Menurut Wijayanto, jika ingin memperkenalkan produk makanan dan minuman ataupun produk peralatan masak di Amerika, salah satu cara terbaik adalah melalui restoran. Berkaca dari Thailand, Jepang, dan Cina, produk makanan dan minuman mereka terkenal karena banyaknya restoran dari tiga negara itu di AS.

"Industri kuliner di Amerika saat ini berkembang cukup pesat dan banyak tumbuh restoran-restoran baru seiring dengan tumbuhnya kultur suka mencoba makanan baru di antara masyarakat Amerika," kata Wijayanto.

Indonesia menghadirkan produk turunan kelapa, seperti santan, air kelapa, gula kelapa organik, keripik kelapa, dan minyak kelapa, dalam acara yang digelar pada 21-24 Mei 2016, di mana NRA merupakan asosiasi restoran terbesar di Negeri Paman Sam tersebut.

Selain itu, Indonesia menyajikan teh organik, bumbu-bumbu natural, dan sambal spesial yang dibuat khusus oleh restoran Indonesia yang ada di Chicago, Rickshaw Republic. Perusahaan Indonesia yang ikut serta pada pameran ini antara lain Javara, Tehku, Kara, Glopac, dan Firna Glassware.

Produk yang cukup menarik perhatian para pembeli adalah produk kelapa. Wijayanto mengungkapkan ada beberapa permintaan berkaitan dengan produk kelapa, seperti gula kelapa dan santan.

Meskipun Paviliun Indonesia terletak di wilayah khusus produk natural dan organik, Indonesia juga menampilkan produk gelas dari Firna serta gelas kertas dari Glopac. Wijayanto mengatakan, industri restoran tidak hanya membutuhkan bahan baku makanan, tapi juga peralatan masak dan perlengkapan makan dan minum, seperti panci, piring, dan gelas.

Tahun depan, ITPC Chicago berencana berpartisipasi kembali di NRA Show. Menurut Wijayanto, salah satu kriteria penting untuk dapat ikut serta adalah produknya inovatif dan sudah siap masuk pasar AS.

"Kami membuka kesempatan bagi seluruh produsen Indonesia yang memiliki produk barang ataupun jasa yang berkaitan dengan restoran untuk ikut serta," ujar Wijayanto. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: