Pengusaha desak Jokowi tegur menteri yang tak jalankan paket kebijakan

Selasa, 31 Mei 2016 | 15:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan pelaku usaha yang tergaung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta pemerintah untuk kembali mengkaji dampak dari paket kebijakan ekonomi. Pasalnya, selama ini dampak paket kebijakan ekonomi tidak kunjung dirasakan oleh pengusaha.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Harian (Asosiasi Pengusaha Indonesia) Apindo Anton J Supit, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution harus diberi wewenang khusus untuk mengevaluasi paket kebijakan. Tim evaluasi pun perlu segara dibentuk.

"Di Malaysia ada National Economic Action Council yang berfungsi misalnya Pak Darmin diberi power untuk menegur menteri, mengevaluasi yang enggak jalan. Bikin lah, tim evaluasi, dan moratorium lah kebijakan kayak Mentan, KKP, dan KPPU," kata Anton di Veteran Coffee, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga perlu memperhatikan kemandekan ekonomi yang saat ini tengah terjadi. Kebijakan pun harus disesuaikan dengan pendidikan dari masyarakat Indonesia yang nantinya juga akan berdampak pada keterbukaan lapangan pekerjaan.

"Kemandekan ekonomi sempat terjadi ketika ekonomi digital naik 50 kali. Gobalisasi enggak ramah dengan negara uneducated seperti kita," tukasnya.

Untuk itu, pemerintah perlu melakukan evaluasi segera terhadap paket kebijakan. Hal ini diyakini akan memberikan stimulus bagi dunia usaha dalam jangka panjang. kbc10

Bagikan artikel ini: