PG raih Anugerah BUMN dan Asia Pasific Stevie Awards 2016

Minggu, 5 Juni 2016 | 22:37 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Petrokimia Gresik (PG) berhasil meraih penghargaan kategori Best Corporate Culture atau Budaya Perusahaan Terbaik dalam ajang tahunan Anugerah BUMN 2016 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pihak luar atas konsistensi perusahaan dalam menanamkan nilai-nilai budaya perusahaan. Proses internalisasi budaya perusahaan menjadi sangat penting karena ia merupakan pondasi dasar untuk melancarkan strategi dan pengelolaan SDM perusahaan.

“Kami yakin budaya perusahaan yang kuat menjadikan SDM perusahaan selalu siap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan yang dewasa ini sangat kompleks,” ujar Nugroho Christinato dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/6/2016).

Dia menyebut, nilai-nilai perusahaan yang ditanamkan kepada karyawan adalah Safety (keselamatan dan kesehatan kerja), Innovation (semangat inovasi untuk memenangkan bisnis), Integrity (mengutamakan integritas di atas segala hal), Synergistic Team (membangun semangat kelompok yang sinergistik), dan Customer Satisfaction (kepuasan pelanggan).

“Nilai-nilai inilah yang kami tanamkan sampai ia menjadi bagian dari diri atau self dari setiap insan SDM perusahaan kami, sehingga secara kolektif mampu membangun karakter self-renewal pada setiap tuntutan periode perubahan,” tandasnya.

Sebelumnya, PG juga menerima 12 penghargaan dalam ajang Asia Pasific Stevie Awards, yaitu terdiri dari 2 Gold, 3 Silver, dan 7 Bronze. Perolehan 2 Gold dianugerahkan kepada Dirut PG 2010-2015 Ir. Hidayat Nyakman, MSIE, MA, dalam kategori Innovative Management in Manufacturing Industries, karena dianggap berhasil dalam bidang organizational management, brand leadership, financial management, hiring & employee development, leadership development dan berhasil mempromosikan inovasi di perusahaan.

Sedangkan penghargaan Gold kedua dianugerahkan dalam kategori Innovation in Energy & Sustainability atas optimalisasi konsumsi energi di Pabrik ZA I dan ZA III. Optimalisasi ini terkait dengan penggunaan raw material dari liquid ammonia menjadi vapour ammonia. Inovasi ini juga berhasil mendapatkan kategori Silver untuk kategori Innovation in Industrial Design.

Sekretaris Perusahaan PG Wahyudi mengakui, dengan perolehan 2 Gold ini maka PG berada di urutan ke-3 daftar pemenang Asia Pasific Stevie Awards 2016 atau seimbang dengan Singapore Airlines asal Singapura, KoROAD asal Korea Selatan, dan Strategic Public Relation Group asal Hongkong.

“Berbagai penghargaan ini merupakan kontribusi nyata PG dalam meningkatkan citra dan reputasi bangsa melalui kinerja positif, terutama kaitannya dalam menghadapi pasar bebas ASEAN,”pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: