Jakarta peringkat 24 kota terbaik dunia untuk wirausahawati

Senin, 27 Juni 2016 | 06:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan teknologi AS, Dell bekerja sama dengan lembaga riset, IHS melakukan studi terkait kota-kota di dunia yang bersahabat dengan wirausaha perempuan. Hasilnya, dari 25 kota besar di dunia, Jakarta tercatat menempati peringkat dua terbawah mengungguli Istanbul, Turki.

Studi dilakukan dengan menggunakan lima kategori: modal (capital), teknologi (tech), bakat (talent), budaya (culture), dan pasar (market). Secara keseluruhan, Dell menggunakan 70 indikator penilaian, 44 indikator di antaranya memiliki komponen berbasis gender.

Berdasarkan itu, New York menduduki peringkat teratas. Big Appel unggul dalam hal capital dan market. Sementara, culture peringkat 2 dan talent (4).

San Francisco Bay Arena menguntit di peringkat dua. Wilayah teluk meliputi kota Oakland dan San Jose itu memiliki keunggulan talent, akses pasar, dan kemudahan pembiayaan untuk perusahaan yang didirikan perempuan.

Posisi selanjutnya dihuni London dan Stockholm. Dan, Singapura mewakili Asia untuk duduk di lima besar.

Wakil Presiden Dell Margaret Franco mengatakan Singapura telah memiliki ekosistem yang mapan untuk mendukung pertumbuhan wirausahawati.

"Singapura memiliki fokus tinggi dalam menumbuhkan kewirausahaan lokal dan mempromosikan digitalisasi di segala tingkatan usaha," katanya seperti dikutip Channel News Asia, kemarin,

Dia menambahkan, "Singapura adalah contoh luar biasa untuk Asia dalam hal peningkatan kontribusi perempuan berdampak pada pertumbuhan ekonomi." kbc10

Berikut 25 kota terbaik untuk wirausahawati versi Dell:

1. New York.

2. San Francisco Bay Arena

3. London

4. Stockholm

5. Singapura

6. Toronto

7. Washington, DC

8. Sydney

9. Paris

10. Seattle

11. Munich

12. Austin

13. Beijing

14. Hong Kong

15. Taipei

16. Shanghai

17. Tokyo

18. Mexico City

19. Sao Paulo

20. Seoul

21. Milan

22. New Delhi

23. Johannesburg

24. Jakarta

25. Istanbul

Bagikan artikel ini: