Ini yang harus dilakukan pebisnis saat hadapi situasi tak terduga

Senin, 18 Juli 2016 | 07:21 WIB ET

MEMBANGUN bisnis harus siap dengan kondisi yang dinamis. Tak banyak bisnis yang mampu atau terpikir untuk mempersiapkan situasi tak terduga seperti krisis ekonomi dan kehilangan pegawai yang hebat. Mari kita lihat situasi apa yang mungkin dihadapi setiap pebisnis dan cara mengatasinya.

Krisis ekonomi

Kondisi ini menjadi contoh yang paling banyak dirasakan oleh pengusaha. Bisnis yang hebat sekalipun bisa saja runtuh menghadapi situasi ini jika tak melakukan persiapan. Jika sebuah bisnis konsisten melakukan pemasaran, kecil kemungkinan terkena dampak krisis ekonomi. Upaya pemasaran ini termasuk blogging, mengirimkan newsletter, berhubugan dengan pelanggan di media sosial yang dilakukan jauh sebelum krisis terjadi. Untungnya, semua upaya itu bisa dilakukan dengan cara yang ramah di kantong.

Ditinggalkan pelanggan terbaik

Sebenarnya kondisi ini bisa kita cegah sebelumnya. Caranya? Bisa dengan menggunakan perangkat CRM online yang disesuaikan. Misalnya, CRM online memungkinkan kita merekam percakapan dengan pelanggan. dan Dari situ kita bisa tahu frekuensi percakapan dengan pelanggan serta kuantitas pembelian darinya.

Dari perangkat tersebut kita bisa mengetahui berapa volume pemesanan yang dilakukan pelanggan dari waktu ke waktu. Apabila terlihat ada penurunan kuantitas pemesanan yang dirasa ganjil, kita bisa segera mengomunikasikannya dengan pelanggan dan memberikan keringanan. Dengan begitu kita telah melakukan pencegahan agar ia tak sampai berhenti jadi pelanggan.

Perangkat komputer mati seketika

Situasi ini mengganggu aktivitas bisnis. Untuk berjaga-jaga dari kondisi ini, pastikan antivirus aktif dan buat penyimpanan cadangan di perangkat lain. Penyimpanan data berbasis cloud bisa jadi ide yang bagus. Aktivitas bisnis mungkin terganggu karena situasi ini, tapi setidaknya data-data penting yang tersimpan di dalamnya masih bisa diselamatkan dengan tindakan preventif ini.

Kita tak tahu kapan situasi buruk datang. Tapi, dengan upaya antisipasi yang baik, kita bisa meminimalkan dampak yang mungkin terjadi dan membangun bisnis yang kuat dalam menghadapi masa sulit. Nah, apa upaya bisnis Anda untuk menghadapi situasi-situasi tak terduga? Kami tunggu cerita Anda di kolom komentar. (ayopreneur)

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: