Drone karya Ongen lolos uji IMAA

Rabu, 20 Juli 2016 | 04:39 WIB ET
(Istimewa)
(Istimewa)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pesawat Terbang Tanpa Awak atau Drone OS-Wifanusa karya anak bangsa dinyatakan lolos Uji Sertifikasi Kelaikan Militer dari IMAA (Indonesian Military Airworthiness Authority) setelah melalui rangkaian pengujian yang ketat.

"Rangkaian uji sertifikasi IMAA sangat ketat, pengujian dilakukan baik di darat maupun di laut karena OS-Wifanusa adalah Drone tipe Amphibi," kata Dr. Yulian Paonganan atau biasa disapa Ongen, Selasa (19/7). Ongen adalah pencipta drone tersebut.

Drone karya anak bangsa itu telah dibeli sebanyak tiga unit oleh Kementerian Pertahanan untuk dioperasikan di wilayah perbatasan dan ZEE Natuna.

Uji terbang darat drone tersebut dilakukan di Lanud Atang Sendjaja Rumpin Bogor, sedangkan uji laut dilaksanakan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

"Semoga dengan terbitnya sertifikat ini Drone ini bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan bisa digunakan untuk kepentingan pertahanan maupun sipil," papar Ongen.

Drone OS-Wifanusa sendiri memiliki dua tipe, yaitu OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4.2 meter) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6.4 meter). Kedua tipe ini telah dinyatakan lolos uji sertifikasi kelaikan udara militer.

Kedua tipe Drone ini mampu terbang 6-8 jam dan 8-10 jam dengan jangkauan autonomous bisa mencapai 100 km dan membawa kamera canggih untuk surveillance dan foto udara untuk keperluan pemetaan. Keduanya juga mampu take off dan landing di darat maupun di air. kbc1

Bagikan artikel ini: