Ingin bikin iklan format 1 menit di Instagram? Simak tips berikut

Senin, 25 Juli 2016 | 09:55 WIB ET

DULU iklan berdurasi 1 menit hanya muncul di layar televisi. Sekarang, iklan sepanjang 60 detik tersebut sudah mewabah ke internet, salah satunya media sosial yang populer dijadikan alat bisnis, yaitu Instagram.

Sejak Januari 2016 lalu, Instagram meluncurkan layanan iklan berdurasi 1 menit, tepat dengan perayaan Super Bowl di AS. Durasi tersebut merupakan pilihan tambahan, setelah sebelumnya Instagram menyediakan iklan dengan durasi 15 dan 30 detik.

Dengan memiliki jumlah pengguna sekitar 400 juta orang, Instagram tentu menjadi platform empuk bagi para pebisnis untuk mempromosikan usahanya.

Mungkin Anda bertanya-tanya, dengan iklan berdurasi lama tersebut, fitur di Instagram tersebut seperti mengalami kemunduran di era saat semua ingin serba cepat.

Ketika user mengklik sebuah konten dan langsung melewatkan iklan, maka hal tersebut dihitung sebagai sebuah bounce. Tapi, jika user mau berlama-lama, hal tersebut dihitung sebagai hit atau visit. Jika lebih lama lagi, maka itu yang disebut dengan engagement.

Tapi, bagaimana caranya memanfaatkan spot iklan di Instagram secara maksimal?

1. Buat Brand-Based Strategi

Jangan hanya berbagi gambar-gambar random di Instagram. Isi akun Intagram Anda dengan konten serupa seperti yang ada di media sosial Anda yang lainnya. Pilih gambar atau konten mana yang akan menaikkan popularitas brand bisnis Anda, mudah diingat, dan paling terlihat di laman newsfeed.

2. Tambahkan Hashtag

Hashtag atau tagar membantu user lain mencari konten yang relevan. Gunakan hashtag yang spesifik serta masih berhubungan dengan konten yang Anda buat.

3. Buat Konsumen Senang

Starbucks merupakan salah satu brand populer di Instagram karena diisi oleh konten-konten yang mampu membuat konsumennya merasa penting lewat berbagi foto, update, dan berita. Pastikan kalau isi Instagram Anda berisi tentang konsumen Anda. Perhatikan apa yang mereka mau dan butuhkan. Berbagi mengenai cerita serta gambar mereka. Jangan lupa untuk memberikan mereka kredit dengan mention akun mereka atau bahkan mem-follow-nya.

4. Buat Foto yang Mudah Diingat

Foto yang kreatif, menarik, dan mudah diingat mendapat lebih banyak perhatian ketimbang foto-foto yang biasa. Jangan takut untuk membuat foto yang berbeda dari yang lainnya. Jika foto-foto Anda lebih unggul dari yang lain, maka akan lebih baik.

5. Bagikan Video Produk

Iklan satu menit ini bisa Anda manfaatkan untuk mem-posting video dengan durasi yang lebih lama. Bagikan video tentang bagaimana konsumen menggunakan dan menyukai produk Anda. Berikat tips atau fakta-fakta menarik seputar bisnis Anda. Jangan lupa, sama seperti foto, video tersebut juga harus menarik perhatian agar mudah diingat.

6. Jadi Diri Sendiri

Sesuatu yang optentik lebih laku di dunia online. Jadi jangan takut untuk tunjukan gaya otentik Anda.

7. Engage dengan Audiens Anda

Jangan takut untuk bertanya, meminta komen atau opini mengenai bisnis Anda di Instagram. Biarkan para konsumen memberikan opini mereka. Semakin tinggi engagement di posting-an Anda, maka semakin tinggi algoritma akun Anda di Instagram. (ayopreneur)

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: