Cari bibit handal, legenda bulu tangkis Indonesia ini gelar Daihatsu Astec Open 2016

Rabu, 27 Juli 2016 | 02:56 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tidak kurang dari 527 orang pebulu tangkis bakal bertarung di GOR Sudirman Surabaya, 27 hingga 30 Juli 2016 pada ajang "Daihatsu Astec Open 2016" untuk wilayah Jawa Timur. Kejuaraan ini diikuti oleh 20 kota/kabupaten dan 60 klub bulutangkis se-Jatim serta kontestan dari Malaysia.

Gelaran Astec Open sudah bergulir 12 kali sejak tahun 2004 silam. Pada edisi kali ini, akan dipertandingkan tujuh kategori, usia dini, anak-anak, pemula, remaja, taruna, dewasa dan veteran.

Event ini merupakan inisiatif dua legendaris bulu tangkis Indonesia, Alan Budikusuma dan Susi Susanti, peraih medali emas Olimpiade 1992.

"Kami tetap fokus dengan bulu tangkis Indonesia. Ini bentuk bakti kami untuk Tanah Air. Kejuaraan ini digelar guna memunculkan bibit baru yang dapat memperkuat Indonesia di kejuaraan dunia. Kami ingin menemukan potensi-potensi atlet daerah yang belum tergali atau terpantau dengan seksama," kata Alan pada press conference Daihatsu Astec Open 2016 di Surabaya, Selasa (26/7/2016).

Gelaran Astec open ini merupakan program atau kejuaraan yang masuk dalam kalender resmi PB PBSI dan bagi atlet-atlet yang menjadi juara dalam kejuaraan ini akan terus dipantau untuk mengembangkan potensi mereka.

"Astec Open ini masuk kalender resmi PB PBSI. Maka dari itu juara-juara dari event ini akan dapat poin dari PBSI sehingga bisa dipantau apakah layak masuk Pelatnas. Banyak jebolan Astec Open yang sekarang berkibar di bulu tangkis nasional dan internasional. Salah satunya ada Dionysius Hayom Rumbaka," tambah Susi Susanti, istri Alan.

Ketua Panitia Astec Open 2016 Mimi Irawan mengatakan kejuaraan ini memperebutkan total hadiah Rp 585 juta.

Namun, hanya para juara masing-masing seri untuk sektor tunggal remaja dan taruna yang akan mengikuti Grand Final di Jakarta.

"Terlihat antuasiasme peserta yang begitu luar biasa. Begitu juga respon insan bulutangkis di Jatim yang berminat mengikuti kejuaraan ini. Nantinya, setiap juara sektor tunggal remaja dan taruna akan dibiayai oleh panitia selama di Jakarta," papar Mimi.

Pada kesempatan yang sama, pihak sponsor memiliki keinginan yang tak berbeda dengan pasangan Alan-Susi.

Produsen otomotif yang pernah menjadi sponsor klub Premier League Inggris, Manchester City itu beralih ke bulutangkis karena olahraga ini adalah olahraga favorit kedua setelah sepakbola di Indonesia.

"Melalui penyelenggaraan turnamen ini kami ingin mendukung perkembangan bulu tangkis di Indonesia. Kami berharap turnamen ini dapat melahirkan atlet muda yang mampu berkiprah di ajang nasional maupun internasional," tutup Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra. kbc10

Bagikan artikel ini: