Tiga cara efektif mengatur gaji bulanan yang pas-pasan

Senin, 01 Agustus 2016 | 10:23 WIB ET

JIKA Anda adalah karyawan yang menerima gaji bulanan, banyak hal yang harus diperhatikan agar gaji tersebut mampu membiayai seluruh kebutuhan bulanan, dan bahkan bisa digunakan untuk investasi. Tak peduli sedikit apapun gaji Anda, sebenarnya bisa diatur agar pas. Kuncinya adalah manajemen keuangan yang bagus.

Namun, banyak orang kesulitan untuk mengatur keuangan. Gaji cepat habis, padahal masih ada kebutuhan yang belum dicukupi. Bagaimana cara mengaturnya? Berikut ada sejumlah tips: 

1. Susun Perencanaan Anggaran Bulanan

Mulai sekarang bikin anggaran bulanan Anda. Semua daftar pengeluaran tanpa terkecuali harus disusun. Catat semua anggaran tanpa satu  pun yang terlewat.  

2. Utamakan Bayar Tagihan

Utamakan membayar tagihan terlebih dahulu ketika Anda menerima gaji. Semua tagihan, mulai dari listrik sampai telepon. Termasuk cicilan kredit jika ada. Dengan membayar semua kewajiban tersebut, Anda akan lebih tenang dalam mengatur semua keuangan.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jangan menabung dari sisa uang bulanan. Baliklah paradigma Anda. Sisihkan tabungan di awal ketika menerima gaji bulanan. Dengan menyisihkan tabungan di awal, Anda akan lebih irit dan menekan pengeluaran yang tidak penting. kbc4

Bagikan artikel ini: