Infrastruktur gas makin luas, PGN tambah 4 pelanggan industri di Semarang

Jum'at, 9 September 2016 | 18:45 WIB ET

SEMARANG, kabarbisnis.com: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali memperluas infrastruktur jaringan gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya, saat ini PGN sedang merampungkan proyek pipa gas di kawasan industri Wijaya Kusuma, Semarang, Jawa Tengah sepanjang 9 kilometer (Km).

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo mengungkapkan, sebagian besar proyek di Wijaya Kusuma hampir rampung, saat ini pipa sepanjang 5,6 km dengan ukuran pipa 4-6 inchi sudah selesai dibangun.

"Sisanya sedang dalam tahap konstruksi," kata Dilo.

Area Head PGN Semarang, Edy Sukamto menambahkan, dengan selesainya proyek di kawasan Wijaya Kusuma, akan menambah pengguna gas bumi di Semarang terutama dari kalangan industri. Saat ini ada sekitar 4 industri yang merupakan pelanggan baru. Keempat industri tersebut adalah Cargill, PT Nippon Sariroti, Intac Brass dan Java Agritech.

Edy menambahkan, kawasan Wijaya Kusuma ini gasnya dipasok dari fasilitas CNG Tambak Aji. Fasilitas ini merupakan inovasi dari PGN guna percepatan pasokan dan infrastruktur gas di Semarang. Direncanakan awal bulan Oktober keempat industri tersebut sudah gas-in. Sehingga upaya ini akan dirasakan manfaatnya oleh mereka.

Secara nasional, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Adapun pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua. kbc3

Bagikan artikel ini: