Garuda garap rute ke Nabire

Selasa, 20 September 2016 | 08:02 WIB ET

Jakarta, kabarbisnis.com: PT Garuda Indonesia membuka rute penerbangan ke Nabire, Papua, sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis ke Wilayah Timur melalui program "Intra Papua".

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar  mengatakan, penerbangan ke Nabire merupakan bagian dari strategi ekspansi ke Wilayah Timur Indonesia yang dilayani dari tiga kota besar di Papua, yaitu Biak, Jayapura dan Timika.

"Penerbangan ke Nabire ini sekaligus wujud dukungan Garuda Indonesia terhadap pengembangan sektor pariwisata di wilayah timur Indonesia, khususnya di wilayah Papua. Perluasan penerbangan Intra Papua," kata Benny S Butarbutar dalam keterangan tertulis.

Benny berharap dengan dibukanya rute tersebut diharapkan membantu memenuhi target Kementerian Pariwisata 2016, yakni mendatangkan 272 juta wisatawan ke Indonesia, yang terbagi atas 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan nusantara.

Dia menjelaskan penerbangan Biak-Nabire pp akan dilayani lima kali dalam setiap minggunya dan akan berangkat dari Biak menuju Nabire dengan menggunakan GA 7652 pada pukul 06.25 WIT dan akan tiba di Nabire pada pukul 07.15 WIT.

Kemudian akan berangkat lagi dari Nabire menuju Biak dengan menggunakan GA 7653 pada pukul 15.45 WIT, dan akan tiba di Biak pada pukul 16.35 WIT.

"Untuk penerbangan Nabire-Timika pp akan dilayani lima kali juga dalam setiap minggunya dan akan berangkat dari Nabire menuju Timika dengan menggunakan GA 7656 pada pukul 07.45 WIT dan akan tiba di Timika pada pukul 08.30 WIT," katanya.

Kemudian, lanjut dia, akan berangkat lagi dari Timika menuju Nabire dengan menggunakan GA 7657 pada pukul 09.00 WIT, dan akan tiba di Nabire pada pukul 09.45 WIT.

Sementara itu, untuk penerbangan Nabire-Jayapura pp akan dilayani lima kali juga dalam setiap minggunya, dan akan berangkat dari Nabire menuju Jayapura dengan menggunakan GA 7654 pada pukul 11.10 WIT, dan akan tiba di Jayapura pada pukul 13.00 WIT.

Kemudian akan berangkat lagi dari Jayapura menuju Nabire dengan menggunakan GA 7655 pada pukul 13.30 WIT, dan akan tiba di Nabire pada pukul 15.15 WIT.

Adapun, penerbangan dari Biak, Jayapura dan Timika ke Nabire tersebut akan dilayani dengan pesawat Garuda Indonesia jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 70 penumpang (All Economy), di mana pesawat Jenis ATR 72-600 tersebut dikenal dengan kehandalan, biaya operasional dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Menurut Benny, efisiensi bahan bakar tersebut juga membuat pesawat dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan secara signifikan.

"Penerbangan ke Nabire yang menggunakan pesawat ATR 72-600 tersebut diharapkan dapat menjadikan kota Nabire sebagai hub untuk rute penerbangan 'Intra Papua'," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, dapat mempermudah masyarakat Papua untuk mengakses ke berbagai kota-kota yang ada di wilayah Papua tersebut.

Saat ini Garuda Indonesia telah melayani beberapa penerbangan ke wilayah Papua, di antaranya ke kota Biak, Timika, Jayapura, Sorong, Manokwari, Merauke dan yang terbaru ke kota Nabire. kbc10

Bagikan artikel ini: