5 Kota ini ditetapkan jadi destinasi wisata kuliner

Selasa, 20 September 2016 | 14:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata telah menetapkan lima destinasi wisata kuliner, yakni Yogyakarta, Solo, Semarang, Bali, dan Bandung pada 2015, sebagai bentuk dukungan terhadap program wisata sejarah kuliner.

“Kami juga tentukan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia. Namun, belum terformat dengan baik,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esty Reko Astuti, Senin (19/9/2016).

Dia mengatakan, kini tercatat, kekayaan kuliner di Indonesia berjumlah lebih dari 5.000 resep dari 34 Provinsi. Menurutnya, pemerintah akan segera menunjuk tim untuk mepercepat perkembangan produk kuliner.

"Tim itu yang akan menentukan bagaimana wisata produk kuliner, dan daerah mana yang fokus untuk dikembangkan pada masa mendatang," katanya.

Belakangan, aktivitas tur wisata kuliner mulai berkembang seiring meningkatknya daya tarik wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Di beberapa kota besar Tanah Air mulai dikembangkan beragam paket wisata kuliner. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: