Bakal bergabung, bank pelat merah siap pangkas tarif layanan ATM

Rabu, 28 September 2016 | 09:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) mengisyaratkan penurunan tarif transaksi anjungan tunai mandiri (ATM) pada penggabungan 10.000 ATM bank pelat merah pada akhir tahun ini. Penurunan ini berpotensi lebih rendah dari sebelumnya.

Tercatat sebelumnya untuk transaksi transfer antar ATM di jaringan Himbara telah turun 50% menjadi Rp 4.000. Sedangkan untuk tarif tarik tunai di bank lain sesama anggota Himbara turun lebih dari 90% menjadi hanya Rp 500.

“Ada potensi tarif transaksi turun dari sebelumnya,” ujar Kartiko Wirjoatmodjo Direktur Utama Bank Mandiri, Selasa, (27/9/2016).

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, terkait dengan kemungkinan penurunan kembali tarif transaksi ATM sedang dikaji oleh tim Himbara dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). “Berapa potensi turunnya masih kami kaji,” ujar Asmawi,.

Sebagai informasi, saat ini jumlah jaringan mesin ATM bank BUMN telah mencapai 55.804 unit di seluruh Indonesia. Diharapkan pada akhir tahun akan ada penggabungan 10.000 ATM Himbara yang jumlahnya akan dibagi antara BRI, Mandiri, BNI dan BTN. kbc10

Bagikan artikel ini: