Pefindo sematkan peringkat AA- ke Mitra Adiperkasa

Kamis, 29 September 2016 | 13:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA- kepada perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI).

Analis Pefindo Martin Pandiangan dan Yogie Perdana menyatakan, peringkat tersebut diberikan sesuai dengan ekspektasi bahwa margin profitabilitas perusahaan dapat dipertahankan dalam jangka pendek dan menengah didukung oleh efisiensi operasional dan pengelolaan persediaan yang lebih baik.

"Peringkat akan dinaikkan jika MAPI mampu memperbaiki margin profitabilitas dan leverage keuangan, serta mempertahankan posisi bisnis yang kuat melalui diversifikkasi toko dan ekspansi," ujarnya.

Peringkat akan diturunkan jika MAPI mengalami tekanan yang berkelanjutan pada margin profitabilitas dan MAPI berutang lebih banyak dari yang telah diproyeksikan tanpa diimbangi kinerja bisnis yang lebih baik, sebagaimana diindikasi dari rasio utang terhadap EBITDA melebihi 3,5x secara berkelanjutan.

Hingga Juni 2016, pendapatan MAPI mencapai Rp6,66 triliun, tumbuh 9,18% dari posisi Rp6,1 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Laba MAPI mencapai Rp46,3 miliar, melejit 78% dari posisi Rp26 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pefindo menilai faktor-faktor yang mendukung peringkat yakni pisisi pasar MAPI dengan konse ritel yang kuat dan tediversifikasi, lokasi toko yang relatif beragam dan perlindungan arus kas di atas rata-rata. Sedangkan faktor yang membatasi peringkat yakni struktur permodalan yang moderat karena besarnya belanja modal perusahaan serta tingkat persaingan yang ketat di tengah terbatasnya lahan bisnis di kota besar. kbc2

Bagikan artikel ini: