Mobil mewah Tesla laris manis di pasar AS

Jum'at, 14 Oktober 2016 | 15:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Produsen mobil mewah terkemuka Tesla Motors Co mencatat lonjakan penjualan Tesla Model S hingga 59% di pasar AS dibandingkan kuartal ketiga tahun lalu.

Capaian itu secara otomatis memimpin pasar AS di segmen mobil mewah. Dominasi hingga sepertiga di pasar AS menjadi tantangan bagi Tesla untuk menjaga posisi dan ambisinya dari pesaing yang terus mendekati seperti BMW 7-Series dan Mercedez Benz S-Class dengan terus menjual lebih banyak lagi mobil mewah.

Sementara itu, di segmen SUV mewah, Tesla telah menjual 5.428 unit New Model X dengan pangsa pasar mencapai 6% pada kuartal ketiga 2016.

Data Tesla yang dikutip Jumat (14/10/2016) mengklaim penjualan Model X tersebut mengungguli catatan penjualan Porsche dan Land Rover. Namun, itu masih membuntuti tujuh model SUV premium lain yang diproduksi oleh Mercedes, BMW, Cadillac, Volvo, Audi, dan Lexus.

Chief Executive Officer Tesla, Elon Musk mengungkapkan bahwa pihak perusahaannya memang tengah mendorong karyawannya untuk menjual mobil sebanyak mungkin untuk mencapai keuntungan kuartal yang tinggi guna mendukung rencana korporasi Tesla untuk mengakuisisi SolarCity Corp serta menciptakan mobil sedan dengan harga lebih murah, Tesla Model 3 yang akan dirilis akhir tahun depan.

Tesla berharap penjualan Model 3 yang dibanderol seharga USD35 ribu tersebut akan meniru kesuksesan dari Model S. Selain itu, Tesla juga tengah menangani proyek besar lainnya yang mencakup penyelesaian pembangunan pabrik raksasa untuk produksi baterai di Nevada, perluasan pabriknya di California, serta membangun sejumlah jaringan dan layanan diseluruh dunia.

Nantinya, Model 3 ini akan menjadi mobil premium dengan harga yang lebih terjangkau. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: