JCI dorong wirausahawan muda go internasional

Minggu, 16 Oktober 2016 | 16:32 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Organisasi kepemudaan internasional, Junior Chamber International (JCI) chapter East Java tahun 2017 mendatang akan fokus mendorong pengusaha muda khususnya yang masih start up atau skala UMKM untuk go internasional.

Local President JCI East Java, Margaret Srijaya, mengatakan seagai organisasi internasional dibawah naungan Perserikatan BangsaIBangsa (PBB), JCI mempunyai jejaring yang luas di seluruh dunia.

"JCI mempunyai cabang di 122 negara di seluruh dunia. Ini tentunya adalah potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Kami ingin membuka peluang itu kepada anak-anak muda anggota JCI untuk memperluas pasar usaha mereka," kata Margaret di sela Conventional Meeting JCI Cahapter East Java di Hotel Holliday Inn Express Surabaya, Jumat (14/10/2016).

Ia menambahakan, anggota-anggota aktif JCI yang rata-rata merupakan pengusaha mapan di bidangnya diharapkan akan bisa menularkan ilmu kepada member baru JCI kedepannya.

Dengan demikian, bergabung bersama JCI akan membuka jejaring serta meningkatkan kapasitas pemuda di Jatim yang mempunyai minat menjadi wirausahawan.

Executive Vice President JCI Chapter East Java, Ariel Wibisono menambahkan, dengan bergabung ke JCI akan meningkatkan kesempatan pemuda lokal untuk belajar berorganisasi.

"Kita berikan fasilitas seperti pendampingan, perluasan jaringan, hingga bussiness matching bagi pengusaha pemula yang bergabung di JCI," ujar Ariel.

JCI Chapter East Java yang baru dibentuk Agustus 2015 ini kini beranggotakan 156 pemuda dari berbagai latar belakang diantaranya pengusaha, professional hingga mahasiswa.

Kedepan, JCI Chapter East Java akan membuka akses kepada lebih banyak pemuda di Jatim untuk bergabung. Salah satunya dengan mengaplikasikan komunitas pembelajaran bahasa inggris seperti yang dilakukan di Desa Inggris Singosari Malang.

Selain pengembangan usaha, JCI juga akan fokus di peningkatan kualitas individu melalui pelatihan-pelatihan tentang profesionalitas, etika bisnis hingga penguatan sumber daya manusia lainya.

"Inilah yang menjadi program utama kami dalam kepengurusan JCI Chapter East Java 2017 mendatang," tutur Ariel. kbc8

Bagikan artikel ini: