Asyik! Pelesir ke Korea Selatan bakal bebas visa

Selasa, 18 Oktober 2016 | 08:25 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: Ada kabar gembira bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan wisata ke Korea Selatan. Pasalnya pemerintah Korea Selatan berencana membebaskan visa bagi para wisatawan Indonesia yang ingin berkunjung ke Korea Selatan.

Dengan kebijakan itu, nantinya wisatawan tidak perlu melapor ke Kedutaan Besar (Kedubes) Korea Selatan di Indonesia jika ingin berkunjung ke negeri ginseng tersebut.

"Pemerintah Korea Selatan sangat setuju melakukan pembebasan visa tersebut," ujar President Korea Tourism Organization (KTO) Jung Chang Soo saat ditemui di Garuda City Center, Tangerang, Senin (17/10/2016).

Namun kata Jung Chang Soo, rencana tersebut masih terganjal oleh departemen hukum di Korea Selatan. Karena, kata dia, jika visa dibebaskan, maka masyarakat Indonesia yang bermasalah dengan hukum bisa berkunjung ke Korea Selatan sehingga dianggap dapat mengancam keamanan negara.

"Oleh karena itu, departemen hukum masih tertutup dalam hal membebaskan visa," ucap dia.

Akan tetapi, Jung Chang Soo akan terus berupaya agar rencana pembebasan visa tersebut bisa terwujud.Salah satunya, dengan mengadakan rapat dengan Kedubes Korea Selatan di Indonesia untuk membahas rencana tersebut.

"Tidak hanya dengan Kedubes saja, setelah pulang saya akan promosi terus kepada semua instansi pemerintah terkait rencana pembebasan visa," imbuh dia.

Pemerintah Indonesia sendiri telah melakukan pembebasan visa kepada sejumlah negara di dunia. Sebanyak, 169 negara termasuk Korea Selatan telah dibebaskan visanya.

Pembebasan visa ini dimaksudkan untuk menjaring wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga mencapai 20 juta wisatawan pada 2019. kbc10

Bagikan artikel ini: