loading...
Kategori
PropertiKomersial
Mode Baca

Kadin DKI Jakarta rencanakan kawasan industri IKM

Online: Selasa, 10 November 2009 | 09:25 wib ET

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta berencana membangun kawasan industri terpadu di lima wilayah ibukota. Kawasan tersebut akan berdiri di atas lahan seluas 6-7 ha.

Wakil Ketua Bidang Energi dan Agribisnis, Kadin DKI, Reiner Tobing mengatakan, rencana tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan sektor Industri Kecil Menengah (IKM).

“Di dalam kawasan industri tersebut akan terdapat small industry yang dikelola oleh pelaku IKM. IKM perlu didorong agar usahanya dapat terus berkembang. Salah satunya adalah dengan menciptakan kawasan industri terpadu," kata Reiner di Jakarta, Senin (9/11/09) seperti dilansir laman resmi Pemprov DKI Jakarta.

Rencana pembangunan industri terpadu ini, akan dibahas dengan instansi terkait. Bahkan mereka sudah menyetujui usulan Kadin DKI ini, seperti Dinas Perindustrian dan Energi, para walikota, serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Saat ini sedang dipikirkan untuk menyiapkan energi, air, serta pembuangan limbah industri yang tujuannya adalah green industry,” imbuhnya.

Menurut Reiner, kawasan tersebut direncanakan bermodel cluster, sehingga dalam satu kawasan terdapat bangunan-bangunan berkelompok yang dapat ditempati oleh para pemilik industri. Kendati begitu, kawasan tersebut juga harus memiliki akses jalan yang baik sehingga dapat dijangkau dengan mudah.

Karena sasarannya adalah eksistensi IKM, lanjut Reiner, maka kawasan tersebut hanya diperuntukkan bagi industri skala kecil. "Kita harapkan tahun depan ada satu kawasan industri terpadu yg akan kita implementasikan," ujarnya. Namun rencana tersebut masih menunggu keputusan DPRD DKI Jakarta. Ia berharap, DPRD akan menyetujuinya.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Industri bidang Industri dan Transportasi Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Edward Napitupulu menegaskan, pihaknya mendukung adanya kawasan industri terpadu.

Menurut dia, Pemprov DKI juga saat ini telah memiliki perkampungan industri kecil di Pulogadung. "Kita mendukung pembangunan kawasan tersebut. Saat ini pembahasannya masih berlanjut," tuturnya.

Rencananya kawasan tersebut akan dibangun di kecamatan Semanan, Jakarta Barat. Saat ini di kawasan tersebut terdapat sentra produksi tahu dan tempe. Jika telah ada persetujuan dewan maka pihaknya akan segera membuat master plannya. "Kalau sudah gol, kita harus buat master plannya. Kita dukung program ini karena demi kebaikan Jakarta, "pungkasnya. kbc8

Bagikan artikel ini kepada kerabat anda
Kurs USD-IDR
10/25/2014
12.069
IHSG
10/24/2014
5.073,07
-30,45 (-0,60%)