Strategi membangun sebuah brand berkelas dunia

Selasa, 08 November 2016 | 10:46 WIB ET

BAGAIMANA sebuah perusahaan di mata masyarakat luas? Apakah kita selama ini membangun sebuah brand yang akan terus diingat dan dipercaya oleh konsumen karena keandalan dan kualitas produk/ layanannya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini amatlah krusial bagi kesuksesan sebuah perusahaan dalam jangka panjang.

Harus dipahami bahwa membangun sebuah brand yang bereputasi unggul membutuhkan waktu, komitmen serta kesabaran.

Kita bisa mengambil contoh dari dunia bisnis seperti Apple dan Whole Foods. Perusahaan-perusahaan ini telah menghabiskan waktu mereka berpuluh-puluh tahun demi membangun reputasi brand yang solid dan tanpa cela di mata konsumen luas dengan memberikan produk berkualitas prima, layanan konsumen yang digarap serius serta komitmen penuh pada pencapaian kualitas terbaik dalam setiap langkah yang mereka lakukan.

Membangun brand yang mendunia juga menjadi pencapaian puncak dalam upaya memelihara dan mengembangkan margin dalam konsumen yang ada dan dengan konsumen baru. 

Lalu bagaimana sebuah perusahaan bisa membangun brand kelas dunia?

Kualitas! Kualitas! Kualitas!

Sebagian besar perusahaan tidak dibangun dari awal dengan tujuan hanya untuk menjadi perusahaan yang biasa-biasa saja. Mereka memulai dengan tujuan utama mengubah dunia, namun begitu banyak perusahaan yang akhirnya menjadi deretan nama perusahaan di Google. Mereka tidak berbeda dari para pesaingnya.

Kualitas itu terbangun dengan menempatkan diri dalam posisi konsumen. Mengembangkan produk atau layanan yang prima memang membutuhkan waktu dan kesabaran, riset dan tentunya investasi. Sumber terbaik riset ialah Anda sendiri, yang artinya apa yang Anda harapkan didapat dari produk atau layanan itu? Tak seorang pun ingin membeli produk atau layanan dengan kualitas rendah. Konsumen mengharapkan kualitas dalam berbagai produk dan layanan yang mereka beli. (ayopreneur)

Bagikan artikel ini: