BPJS TK Rungkut optimistis pembayaran iuran hingga akhir 2016 capai 120%

Senin, 5 Desember 2016 | 15:46 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaa (BPJS TK) Cabang Surabaya Rungkut memprediksikan pembayaran iuran di wilayah kerjanya bakal melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp 311 miliar. Bahkan pihaknya optimistis akan mencapai 120% dari target.

Kepala Bagian Pemasaran BPJS TK Cabang Surabaya Rungkut Sodik Kurnia mengatakan bahwa sejauh ini pihaknya terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan dan melakukan  penertiban terhadap perusahaan yang belum taat melalui kerjasama dengan pelbagai pihak. Langkah ini kiranya telah berdampak positif terhadap kinerja perusahaan, utamanya dari sisi pembayaran iuran.

"Untuk pembayaran iuran sampai saat ini sudah mencapai Rp 300 miliar dari target sebesar Rp 311 miliar. Dan kami yakin sampai akhir tahun pencapaiannya bakal melampai target karena iuran kita per bulan rata-rata mencapai Rp 20 miliar," ujar Sodik ditemui disela perayaan HUT BPJS TK ke 39 di kantornya, Surabaya, Senin (5/12/2016).

Apalagi pada Desember ini pembayaran untuk bulan berjalan diharapan dilunasi maksimal tanggal 25. Sehingga iuran yang bakal terkumpul di bulan ini menjadi dua kali lipat biasanya, yaitu untuk pembayaran bulan November dan Desember sehingga mencapai sekitar Rp 40 miliar. Selain itu, kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Surabaya dan Dinas Ketenagakerjaan juga akan bersampak positif terhadap kepatuhan dan ketaatan peserta untuk melakukan pembayaran tepat  waktu.

Karena sejauh ini masih banyak perusahaan yang belum taat, banyak yang masih mendaftarkan tenaga kerjanya hanya untuk sebagian program, atau melaporkan hanya sebagian dari pendapatan atau gaji karyawan dan ada juga perusahaan yang hanya mendaftarkan sebagaian tenaga kerjanya saja. Selain itu, masih banyak juga perusahaan yang belum mendaftar. "Untuk pencapaian kepesertaan baru juga cukup bagus," ujarnya.

Tercatat, jumlah peserta baru dari tenaga kerja penerima upah (PU) yang mendaftar sepanjang 2016 sudah mencapai 47.191 tenaga kerja atau sekitar 99%  dari target sebesar 52.100 tenaga kerja. Sementara tenaga kerja bukan penerima upah (BPU) mencapai 6 ribu atau 60% dari target sebesar 10 ribu.

"Pencapaian kepesertaan baru dari tenaga kerja PU di cabang Surabaya Rungkut ini termasuk yang paling besar. Dan kami optomistis hingga akhir 2016 nanti pencapaiannya akan mencapai 100%," pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: