Zurich Topas Life fokus garap bancassurance

Rabu, 07 Desember 2016 | 07:58 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perusahaan asuransi jiwa, Zurich Topas Life terus berusaha memperluas jaringan distribusi produknya dengan melakukan kerjasama dengan beberapa bank untuk pemasaran produk bancassurance. Head of Communication & Strategic Marketing Zurich Topas Life, Chiqita Winaring Hayu, mengatakan kerjasama dengna bank sangat potensial untuk mengembangkan pasar.

“Dalam beberapa tahun terakhir, penetrasi  produk bancassurance sangat baik di perusahaan kami. Kedepan produk bancassurance akan tetap menjadi salah satu fokus kami dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk,” katanya kepada wartawan di Surabaya.

Saat ini, Zurich sudah menggandeng 4 bank dalam pemasaran produknya yakni Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mayapada, Bank Mayora dan Bank CTBC. Chiqita menambahkan, saat ini pihaknya juga terus menjajaki kerjasama dengan bank-bank lain baik swasta maupun BUMN.

Dalam menentukan bank yang akan diajak kerjasama, Chiqita mengatakan pihaknya akan melihat beberapa faktor seperti potensi bisnis bank, kesesuaian rencana bisnis, track record serta basis nasabah bank yang bersangkutan.

“Bank-bank besar seperti BUMN dengan customer base yang besar juga menjadi sasaran kami melakukan kerjasama untuk mempercepat penetrasi produk kami di pasaran,” katanya. Kedepan, bank-bank BUMN menjadi salah satu taret utama Zurich untuk bekerjasama karena bisa mendukung kedekatan perseroan ke pemerintah.

Sementara itu, Chief Agency Officer Zurich Topas Life, Darwin Gunawan, menambahkan, kontribusi produk-produk bancassurance di perusahaannya cukup tinggi, mencapai 37% dari total produksi.

“Itulah mengapa kami fokus di bancassurance karena kontribusnya besar, serta pertumbuhannya juga cukup tinggi dari tahun le tahun. Untuk mengembangkan produk bancassurance, saat ini kami juga sudah membentuk tim khusus yang akan menangani pengembangan bancassurance,” tuturnya.

Selain melalui bancassurance Zurich tahun depan juga akan terus mengembangkan jalur pemasaran melalui agen asuransi. Saat ini jumlah agen yang dimiliki Zurich mencapai 3.600 orang dan tahun depan ditaretkan jumlah akan bertumbuh lebih dari 20%.

Pertumbuhan jumlah agen ini seiring dengan rencana perseroan untuk melakukan penetrasi ke kota-kota baru di seluruh Indonesia. kbc8

Bagikan artikel ini: