Perusahaan modal venture besutan Indosat Ooredoo siapkan US$3 juta untuk startup Indonesia

Rabu, 07 Desember 2016 | 15:52 WIB ET
(KB/Purna Budi Nugraha)
(KB/Purna Budi Nugraha)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Operator seluler Indosat Ooredoo bekerjasama dengan Mountain Partners dan Kejora Ventures membentuk Ideabox Ventures, joint venture modal ventura, yang akan menginvestasikan dana pada startup bidang teknologi di Indonesia. Ideabox Ventures nantinya akan berinvestasi ke perusahaan teknologi tahap awal, yang mempunyai potensi untuk berkembang.

Ideabox Ventures sendiri merupakan pengembangan dari Ideabox, inkubator bisnis hasil kerjasama ketiga perusahaan tersebut yang sudah berdiri sejak 3 tahun silam.

"Dalam 3 tahun terakhir, kami fokus berinvestasi ke perusahaan startups melalui Ideabox dan melihat banyak hal mengenai bisnis startup. Ideabox Ventures merupakan langkah selanjutnya dari Ideabox yang akan menjawab masalah kekurangan pendanaan pada startup dan memungkinkan startup untuk membangun bisnis yang lebih baik,” kata Group Head Digital Strategy & Investment Indosat Ooredoo, Usman Khan Lodhi, kepada wartawan di sela pengenalan Ideabox Ventures di Surabaya, Selasa (6/12/2016).

Pada Ideabox, Indosat Ooredoo beserta Mountain Partners dan Kejora Ventures akan membantu startup terpilih dari sisi pendanaan, serta market aktif berupa pelanggan Indosat Ooredoo yang berjumlah 85 juta orang. ketiganya juga akan memberikan pelatihan dan mentoring aktif untuk pengembangan perusahaan startup terpilih.

Managing Director Kejora Ventures, Andy Zain, mengatakan dari sisi pendanaan, Ideabox Ventures akan menyediakan dana hingga US$ 3 juta tiap tahun untuk pengembangan 6-8 perusahaan startup terpilih.

“Jumlah pendanaannya bervariasi antara US$ 50 ribu sampai US$ 500 ribu untuk tiap perusahaan tergantung kapasitas dan kebutuhan bisnisnya. Dana itu nantinya akan dikonversi menjadi saham di perusahaan tersebut,” ujarnya.  

Andy menambahkan, dalam memilih perusahaan yang akan didanai Ideabox emmpunyai beberapa kriteria, diantaranya perusahaan tersebut harus menyasar pasar Indonesia, produk perusahaan tersebut harus mengena dan berguna bagi pasar lokal di dalam negeri. Disamping itu, perusahaan yang akan didanai haruslah mempunyai visi yang besar, bisa menjangkau pasar yang luas.

Perusahaan yang dibidik diantaranya adalah yang bergerak di bidang teknologi seperti e-commerce, layanan web, pembayaran digital & fintech, serta teknologi & security. Disamping itu, perusahaan yang bergerak di bidang logistik, layanan big data hingga telekomunikasi juga akan dipantau oleh Ideabox Ventures.

Selama tiga tahun terakhir, ideabox telah menghasilkan 15 startup yang sukses, diantaranya 3 Startup berasal dari Jatim, yaitu Shoop! yang bergerak di bidang e-Commerce platform berbasis social media, Pawoon yang fokus pada aplikasi POS untuk B2B, Wifimu yang fokus pada aplikasi CRM berbasiskan jaringan Wireless dan social media untuk keperluan Marketing Tools. kbc8

Bagikan artikel ini: