Makin banyak umrah berbiaya murah, Persada Indonesia bidik 5 ribu jamaah tahun depan

Minggu, 11 Desember 2016 | 21:01 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Biro Pengelenggara Haji dan Umrah, PT Persada Duta Beliton (Persada Indonesia), menargetkan bisa memberangkatkan 5.000 jamaah umrah pada 2017 mendatang. Jumlah ini naik lebih dari 65% dibandingkan jumlah yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 3.000 jamaah.

Direktur Utama Persada Indonesia, Samsul Arifin, mengatakan bertumbuhnya daya beli masyarakat Indonesia sekaligus waktu tunggu badah haji yang relatif lama membuat ibada umrah kini menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin pergi ke tanah suci.

“Makin banyaknya tawaran umrah berbiaya murah juga menjadi salah satu pendorong  bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan ke tanah suci,” katanya kepada wartawan di sela Manasik Akbar sekaligus peringatan Ulang Tahun Persada Indonesia ke-27 di Surabaya, Sabtu (10/10/2016).

Meski banyak biro perjalanan yang menawarkan harga murah untuk perjalanan umrah, namun Persada Indonesia mengaku tidak ikut bermain di level itu. Persada Indonesia yang didirikan pada 1989 ini, akan tetap fokus melayani ibadah umrah dengan menyasar pasar kelas menengah ke atas.

“Kami sangat mengutamakan pelayanan dan kenyamanan jamaah baik selama di Indonesia maupun di tanah suci, karenanya kami tidak ingin bermain di pasar menegah ke bawah yang harganya juga mulai tidak rasional murahnya,” ujar Samsul.

Ia menambahkan, biro-biro perjalanan yang menawarkan harga kelewat murah itu biasanya mengorbankan kenyamanan dan keamanan jamaah. Banyak diantara kasus jamaah umrah gagal berangkat akibat mereka memilih biro perjalanan yang menawarkan harga murah.

Para pengelola biro perjalanan yang menawarkan biaya murah ini juga kerap melakukan cara-cara tidak etis dalam berbisnis, diantaranya memalsukan ijin biro perjalanan umrah dan haji. “Mereka kerap mencatut ijin biro perjalanan besar tanpa seijin yang akhirnya bisa merugikan konsumen konsumen juga,” tutur Samsul.

Persada Indonesia sendiri menawarkan paket umrah mulai harga US$ 2.500 hingga US$ 3.600, sedangkan di pasaran saat ini biro perjalanan murah bisa menawarkan biaya umrah di harga US$ 1.300 per orang.

Sementara itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji, Persada Indonesia meluncurkan aplikasi Umroh dengan Satu Jari. Aplikasi Smartphone berbasis Android dan iOS yang dianai Persadakita ini bisa diunduh di Googleplay dan Appstore. Dengan apliaksi ini, calon jamaah cukup bisa mendapat bimbingan umrah langsung dari smartphonenya.

"Dengan aplikasi ini, calon jamaah tak harus datang ke kantor perwakilan kami. Cukup download, dan cari tahu dengan satu jari," kata Wakil Direktur Utama Persada Indonesia Syarif Hidayatullah.

Persada sebelumnya sudah menerapkan travel haji umrah berbasis online menyeluruh. Seluruh administrasi pendaftaran juga sudah online. Pengisian data calon jamaah juga tak sampai 5 menit. kbc8

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: