Petrokimia Gresik kucurkan pinjaman lunak Rp7,29 miliar ke UMKM

Jum'at, 16 Desember 2016 | 04:26 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: PT Petrokimia Gresik (PG) mengucurkan pinjaman modal kerja sebesar Rp 7,291 miliar. Penandatanganan "Surat Perjanjian Pinjaman Modal Kerja Program Kemitraan PG" dilakukan di Wisma Kebomas, Gresik, pada 15 Desember 2016.

Direktur SDM & Umum PG, Rahmad Pribadi menyampaikan, salah satu tugas PG adalah pembinaan program kemitraan dan bina lingkungan. Perusahaan turut serta meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan memberikan pinjaman modal kerja serta pembinaan terhadap usaha kecil baik di sektor pertanian, peternakan, perikanan, perdagangah, industri, perkebunan dan jasa.

Dalam kesempatan ini PG menyalurkan dana pinjaman modal kerja sebesar Rp7,29 miliar. Pinjaman ini untuk 85 mitra binaan dengan rincian untuk sektor pertanian sebesar Rp 1,43 miliar, sektor peternakan Rp 4.56 Miliar, sektor perikanan Rp 139 juta, sektor perdagangan Rp 655 juta, dan sektor industri Rp 500 juta.

Pokok pinjaman ini nantinya harus dikembalikan oleh mitra PG dengan ditambah biaya administrasi sebesar 5 persen per tahun. Dana yang didapatkan PG dari dana administrasi itu juga dipergunakan untuk pembinaan kelompok usaha lainnya.

"Yang perlu kami sampaikan, dana binaan ini bentuknya modal kerja. Dana bantuan modal kerja ini adalah program yang bergulir. Jadi dana pinjaman ini harus digunakan secara bijak untuk mengembangkan usaha, sebagaimana tertuang dalam surat perjanjian. Masih banyak kelompok lainnya yang antre untuk mendapatkan bantuan ini," ujarnya.

Diharapkan penerima pinjaman modal kerja ini serius mengembangkan usahanya, sehingga pinjaman dapat dikembalikan tepat waktu. Usaha penerima pinjaman juga bisa mandiri. Dengan begitu dapat membantu kelompok lainnya untuk mengembangkan usaha. kbc2

Bagikan artikel ini: