Telkomsel all out antisipasi kenaikan trafik saat Natal dan Tahun Baru

Selasa, 20 Desember 2016 | 11:45 WIB ET

Jakarta, kabarbisnis.com: Operator telekomunikasi di Tanah Air meningkatkan kapasitas jaringan untuk menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru 2017. Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, Telkomsel menambah 723 base tranceiver station (BTS) baru yang disiapkan secara khusus untuk menyambut momen Natal dan Tahun Baru 2017.

"Setiap tahun, kami selalu mengantisipasi momen Natal dan Tahun Baru dengan serangkaian optimasi jaringan agar kualitas layanan tetap terjaga dan prima sekali pun terjadi lonjakan trafik," ujar Ririek.

Pada puncak Natal dan Tahun Baru kali ini, Telkomsel memprediksi layanan datanya mencapai trafik tertinggi hingga 4,10 peta byte (PB), atau naik lebih dari 118% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini akan terjadi seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk video & music streaming, games online, social media, chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi. Layanan suara juga diperkirakan mencapai 1,52 miliar menit dan SMS 892 juta per hari.

Telkomsel pun meningkatkan kapasitas untuk internet service menjadi 837 Gbps, atau naik sekitar 78% dari tahun 2015. Kemampuan penanganan pelanggan visitor location register (VLR) ditingkatkan menjadi 241 juta pelanggan, naik 0,8% dari tahun 2015. Sedangkan kapasitas home location register (HLR) sebesar 313 juta pelangan.

Sementara itu, kapasitas online charging system (OCS) sebanyak 177 juta diharapkan bisa memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data. Selain itu, sebanyak 124 ribu BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara dipastikan akan berfungsi baik.

“Telah digelarnya jaringan Telkomsel 4G LTE di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi-lokasi strategis, yang didukung oleh sekitar 5.200 BTS 4G, kami harapkan juga dapat memberikan pelanggan pengalaman mobile broadband terbaik dari Telkomsel,” tambah Ririek.

Telkomsel telah mengidentifikasi 687 titik keramaian utama yang dipadati pelanggan, antara lain bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah. Di lokasi-lokasi tersebut diprediksi terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data 47% bila dibandingkan pada hari normal tahun 2016. kbc2

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: