Trik lesatkan karier di 2017 ala CEO sukses berusia 25 tahun

Rabu, 28 Desember 2016 | 17:41 WIB ET

APAKAH Anda sudah membuat resolusi untuk tahun 2017? Nah, bagi Anda yang tengah meniti karier atau yang menjalani bisnis start-up, tak salah jika mengikuti saran dari mereka yang sudah sukses.

Kali ini, Co-Founder and CEO Kiip, Brian Wong ingin membagi tips untuk melesatkan karier serta usaha Anda. Asal tahu saja, pemuda yang lulus kuliah pada usia 18 tahun ini sukses mendirikan sebuah perusahaan yang menerima lebih dari USD32 ribu dalam pendanaan modal ventura dan mendapatkan klien seperti McDonald dan Pepsi.

Seperti dikutip dari CNBC, Selasa (27/12/2016), Brian yang kini berusia 25 tahun tersebut cukup sukses membangun bisnisnya dan kemudian dia gambarkan dalam sebuah bukunya, "The Cheat Code."

Berikut beberapa tips profesional dari Wong yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan karier Anda pada 2017:

1. Gunakan notebook

Wong selalu membawa notebook untuk menuliskan ide-ide dan catatan. Dalam pertemuan dengan perusahaan seperti Amazon, kemampuan Wong membawa ide untuk membantunya berhasil.

Pengalaman Anda akan membantu Anda merumuskan proposal sebelum Anda datang ke pertemuan atau berbicara dengan atasan Anda. "Ketika Anda (merekam ide-ide Anda), Anda biasanya dapat memberitahu dalam satu atau dua halaman jika ide adalah pintar atau bodoh," Wong menulis.

Hal ini juga membantu Anda mengingat arah bos Anda memberi Anda, yang mengatakan Wong dapat memisahkan karyawan yang besar dari rata-rata orang.

"Jika Anda tidak menulis hal-hal kurang penting, akan mengacaukan pikiran Anda, mengurangi memori untuk hal-hal yang lebih penting," kata Wong. "Dan mengurangi kapasitas otak untuk memproses yang lainnya, termasuk kreativitas."

2. Fokus pada karier, bukan orang lain

Orang yang tidak membandingkan diri dengan orang lain dan bukannya berpikir tentang tujuan bisnis mereka sendiri adalah yang paling bahagia.

"Ini adalah orang-orang yang hampir secara harfiah memiliki tujuan ke depan, dan itu hampir mustahil untuk tidak merasa terinspirasi oleh mereka," katanya.

Menjadi berorientasi pada tujuan dan positif akan membantu Anda memenangkan orang yang berada di atas. Sebagai strategi, bahkan mengalahkan pesaingnya.

"Jika Anda bisa menjadi lebih baik setiap hari, Anda dapat memenangkan perlombaan," kata dia.

3. Lebih memperhatikan estetika

"Brand Anda adalah sebagai presentasi yang baik, yakni bagaimana Anda terlihat, terdengar dan merasakan," ujar Wong.

Perlu juga untuk memperhatikan berbagai hal termasuk bagaimana Anda berpakaian dan menulis email. "Bahkan dalam sesuatu yang sederhana seperti email," ujar Wong. Hindari font keras dan berwarna dan pastikan untuk mengoreksi pesan Anda.

4. Mencari tahu apa yang Anda kuasai

Setiap orang memiliki "superpower," dan pekerja keras dan dapat memanfaatkan itu. "Tidak peduli siapa Anda atau apa yang Anda lakukan dalam hidup, Anda memiliki superpower dan maksud saya sesuatu yang Anda lakukan jauh lebih baik daripada kebanyakan orang," kata Wong. "Jika Anda tidak menggunakannya, kau gila," tambahnya.

Catat daftar apa yang baik bagi Anda, maka setiap tugas yang Anda temukan akan mudah atau menyenangkan. Wong juga merekomendasikan untuk mempertimbangkan dan meminta teman-teman atau anggota keluarga apa yang mereka pikirkan.

5. Ambil hari untuk berlibur

Anda bukan robot, jadi jangan memperlakukan diri seperti robot. "Orang-orang paling sukses tahu bahwa mengambil waktu untuk mengisi stamina adalah satu-satunya cara untuk tetap pada bisnis Anda untuk jangka waktu yang panjang," tulis Wong.

CEO Wong mengambil satu hari setiap bulan untuk liburan, yang dia gunakan untuk mengunjungi taman favoritnya, museum atau restoran.

"Terbaik dari semua itu, berlibur itu memberikan kesempatan untuk melihat sesuatu yang lebih beik ke depan setelah Anda Anda bekerja berjam-jam di kantor setiap hari," tulis Wong.

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: