BTN kucurkan kredit ke Perumnas Rp4,2 triliun

Jum'at, 30 Desember 2016 | 14:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perum Perumnas (Persero) menjalin sinergi dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). BTN mengucurkan pinjaman konstruksi dan kredit pemilikan rumah (KPR) senilai total Rp 4,2 triliun kepada Perumnas.

Direktur Utama Perumnas Bambang Triwibowo mengatakan, pihaknya memperoleh kredit konstruksi dari BTN senilai Rp 1,2 triliun untuk mendukung pembangunan hunian pada 2017. Sementara, BTN juga akan mengucurkan KPR senilai Rp 3 triliun untuk konsumen Perumnas.

"Kami sudah menandatangani kerja sama dengan BTN dalam pembiayaan produk dan kredit KPR. Seluruhnya untuk proyek yang mulai dibangun pada 2017," kata Bambang.

Bambang menjelaskan, beberapa proyek akan dibiayai dengan kredit konstruksi dari BTN yakni hunian vertikal di kawasan transit oriented development (TOD) yang dikerjasamakan dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Untuk pembangunan tahap pertama, akan dibangun 5.000 unit apartemen di Stasiun Kereta Bogor, Pondok Cina (Depok, Jawa Barat), dan Tanjung Barat (Jakarta Selatan).

Bambang mengatakan, Perumnas akan memulai proyek hunian di kawasan TOD dengan PT KAI pada Semester I-2017. Pembangunan proyek ini diperkirakan memakan waktu selama 1,5 tahun sehingga proses serah terima kepada konsumen akan dilakukan pada akhir 2018.

Selanjutnya, kata Bambang, Perumnas juga telah menyepakati kerja sama pembangunan rumah susun (rusun) dengan Perhutani di kawasan Pasar Minggu. "Kami akan membangun sebanyak 6.000 rusun di kawasan Pasar Minggu," kata Bambang. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: