Strategi Anies-Sandi tekan lonjakan harga sembako di Jakarta

Selasa, 03 Januari 2017 | 08:31 WIB ET

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggerakkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membeli bahan pokok langsung ke daerah penghasil untuk menekan harga agar tetap murah. "Hanya Jakarta yang bisa melakukan itu karena memiliki pasar induk. Dari pasar induk langsung didistribusikan ke pasar-pasar lainnya. Daerah lain tidak bisa karena tidak memiliki pasar induk," kata Anies di Kampung Wadas, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (2/1).

Anies mencontohkan cabai. Di Brebes, harga cabai masih berkisar Rp15.000 hingga Rp20.000/kg. Sampai di Jakarta, harganya menjadi mahal karena banyaknya tengkulak.

Karena itu, bila terpilih bersama pasangannya Sandiaga Uno pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, Anies mengatakan akan memimpin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menentukan daerah-daerah penghasil bahan pokok.

"Selanjutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bekerja sama dan membeli langsung dengan jumlah yang besar sehingga harganya tetap murah," tuturnya.

Menurut Anies, harga kebutuhan pokok merupakan salah satu fokus utamanya bersama Sandiaga Uno dalam menyelesaikan berbagai masalah Jakarta.

Harga kebutuhan pokok yang murah dan terjangkau merupakan fondasi mendasar yang menjadi prioritas untuk mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya. kbc2

Bagikan artikel ini: