Gaikindo prediksi penjualan mobil tahun ini capai 1,1 juta unit

Kamis, 05 Januari 2017 | 17:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tahun 2016 dilewati industri otomotif dengan cukup baik, khususnya untuk kendaraan roda empat. Dibandingkan tahun sebelumnya, penjualan mobil meningkat sekitar 4 persen, atau sudah sesuai target yang ditetapkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Melihat pencapaian tersebut, Gaikindo semakin optimistis bisa melewati tahun 2017 dengan lebih baik. Namun angka penjualannya memang belum akan sebaik seperti di 2014 yang ketika itu mencapai 1,2 juta unit.

"Untuk 2017, pasar otomotif diperkirakan akan semakin tumbuh, meski pun kelihatannya belum akan terlalu besar. Kenaikan penjualannya sekitar 50.000 unit, jadi akan mencapai sekitar 1,1 juta unit," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, di Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Seperti di 2016, kendaraan jenis low cost green car (LCGC) menurutnya tetap akan jadi tulang punggung pasar otomotif dalam negeri. Ini juga menunjukkan Indonesia akan menjadi negara yang besar di kemudian hari. Karena semakin banyak orang yang mengganti sepeda motor mereka dengan kendaraan LCGC sebagai mobil pertamanya.

"Tren mobil SUV (sport utility vehicle) kelihatannya juga akan stabil. Kalau melihat kondisi jalanan di sini yang belum begitu baik, masih banyak yang berlubang dan sering ada genangan air, permintaan akan mobil SUV tetap akan tinggi, terutama dari mereka yang secara ekonomi sudah mapan," tutur Yohannes. kbc10

Bagikan artikel ini: