Tak miliki gudang, izin importir bakal dicabut

Jum'at, 06 Januari 2017 | 09:41 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tengah melakukan audit pada importir. Sebab, masih banyak importir yang berbisnis namun ketahuan tidak memiliki gudang.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, audit ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan dalam kepemilikan gudang bagi importir. Sehingga, jika para importir tidak memiliki gudang, pihaknya akan mencabut izin importir.

"Ada beberapa (importir), mereka impor, tapi gudangnya tidak. Ada, alamatnya sudah berubah dan tidak melaporkan tapi melakukan kegiatan impor. Saya cabut apinya bagi para importir itu," kata Menteri Enggar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Dia menambahkan, saat ini sudah ada 4-5 importir yang izinnya dicabut karena tidak memiliki gudang, di mana 2 izin sudah dicabut dan sisanya masih dalam proses. Namun, pihaknya masih terus akan melakukan audit, mengingat masih ada 130 izin importir yang dicurigai tidak memiliki gudang.

"Mereka importir semua komoditas. Mereka importir buah dan sebagainya. Ya kita cabut saja. Saya sudah bilang, bukan hanya nama PT-nya, nama direksi dan pemegang sahamnya kita blacklist," imbuhnya.

Nantinya, lanjut Menteri Enggar, para importir yang sudah dicabut izinnya tidak akan diperbolehkan lagi mengimpor produknya ke Indonesia. "Nama-nama itu kita catat. Begitu mereka minta izin lagi, tidak usah kita izinkan. Karena mereka sudah bohong," pungkasnya. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: