Jajaran film box office catat rekor pendapatan tertinggi sepanjang sejarah

Minggu, 08 Januari 2017 | 07:23 WIB ET

Box office kawasan Amerika Utara mencetak rekor baru sepanjang 2016 hingga mencapai pendapatan US$ 11,4. Angka tersebut merupakan tertinggi sepanjang sejarah box office di Amerika Utara. Hal itu berdasarkan catatan box office dari ComScore. Pada 2015, jajaran film hanya mendapat duit US$ 11,14 miliar.

ComScore menyebutkan, pendapatan tertinggi box office 2016 dicetak film Finding Dory yang meraih pendapatan US$ 486,3 juta di Amerika Serikat dan Kanada. Terakhir, film Star Wars Rogue One ada di peringkat kedua, padahal baru tayang pada 16 Desember 2016 lalu di Amerika Serikat dan terus meraup keuntungan besar hingga saat ini.

Sementara itu, ada enam film milik Disney yang menempati top 10 pendapatan tertinggi pada 2016. Bahkan, tiga teratas dalam peringkat tersebut dikuasai Disney, termasuk Captain America: Civil Warbmencatatkan total pendapatan US$ 408 juta berdasarkan ComScore.

“Ikan pelupa, pahlawan super, hewan peliharaan rumah tangga dan penjelajah ruang angkasa memimpin muatan dalam setahun yang ditandai dengan pilihan yang sangat beragam film dari setiap genre dan setiap ukuran dan ruang lingkup dari semua studio," ungkap analis senior media ComScore Paul Dergarabedian. kbc4

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: