Genjot infrastruktur, Bank Jatim siapkan belanja modal Rp300 miliar

Selasa, 10 Januari 2017 | 07:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Jatim Tbk bakal fokus pada pengembangan bisnis di Jawa Timur pada tahun ini. Upaya mewujudkannya, perusahaan menyiapkan anggaran belanja modal hingga Rp 300 miliar. Sebelumnya Bank Jatim berkonsentrasi pada pengembangan kantor-kantor cabang di berbagai wilayah Indonesia.

Fokus bisnis tersebut dilakukan untuk menigkatkan kinerja perusahaan, terutama dalam perbaikan rasio kredit bermasalah (NPL) yang pada pembukuan sepanjang 2016 naik.

Direktur Utama Bank Jatim ?R Soeroso mengaku beberapa sektor pembiayaan yang akan difokuskan perusahaan adalah dalam hal infrastruktur di wilayah Jawa Timur.

"Untuk itu tahun ini kita anggarkan capex senilai Rp 300 miliar, itu akan kita arahkan untuk pembangunan di wilayah Jawa Timur," kata Soeroso di Jakarta, Senin (9/1/2017).

Awal tahun ini, Bank Jatim akan mengucurkan pinjaman untuk pembangunan Rumah Sakit Muhammadiyah senilai Rp 500 miliar. Selanjutnya, juga ada pembangunan Kampus Universitas Airlangga senilai Rp 150 miliar.

Tak hanya itu, beberapa proyek besar yang disasar oleh BPD ini seperti pembangunan RS Doktor Soepomo di Surabaya senilai Rp 1,5 triliun. "Jadi kita akan garap proyek yang dananya dari APBD, dan juga kita coba kembangkan hingga ke proyek SKPD nya," tegas dia.

Sementara itu, proyek lain yang memiliki potensi untuk didanai Bank Jatim, Soeroso mengungkapkan adalah pembangunan Bandara di Malang Selatan dan Pelabuhan di Probolinggo.

Dengan berbagai rencana bisnis tersebut, Bank Jatim mentargetkan laba tahun depan sebelum pajak akan meningkat  sekitar 10 persen, dari Rp 1,45 triliun menjadi Rp 1,59 triliun. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: