Meluncur, Nokia 6 berbekal Android stylish dan spek ciamik

Selasa, 10 Januari 2017 | 08:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anda yang tengah menanti kembalinya merek ponsel legendaris Nokia ke kancah industri smartphone, Nokia akhirnya mengumumkan hadirnya smartphone terbaru mereka, yakni Nokia 6.

Dilansir dari Phone Arena, Nokia 6 adalah smartphone berbasis Android yang diproduksi oleh HMD Global, sebuah perusahaan asal Finlandia yang diberi hak oleh Microsoft untuk memproduksi smartphone Nokia. Jadi sepertinya untuk kedepannya kita tak akan melihat lagi Nokia dengan OS Windows Phone.

Dilihat dari spesifikasinya, Nokia 6 memiliki bentang layar 2.5D 5.5 inci dengan resolusi FHD atau 1080 x 1920. Layar ini diproteksi oleh Corning Gorilla Glass. Smartphone ini dimotori oleh Snapdragon 430 dengan octa-core CPU dan kartu grafis Adreno 505 GPU. 4 GB RAM dipadu dengan 64 GB storage akan menyokong performa smartphone ini.

Dari sisi kamera, smartphone ini usung 16 MP kamera belakang dengan PDAF laser auto focusing, dan 8 MP kamera depan. Keduanya memiliki bukaan f/2.0.

Spesifikasi ini terhitung cukup baik, namun aspek chipset cukup mencuri perhatian. Jika dilihat dari keseluruhan aspek, Nokia sepertinya memposisikan Nokia 6 di kalangan smartphone mid-range. Uniknya, Nokia 6 menggunakan SD 430, yang mana chipset Snapdragon 430 lebih lumrah diusung smartphone low-end.

Namun tentu Nokia punya cara tertentu agar smartphonenya bisa berjalan mulus layaknya kualitas mid-range, salah satunya dengan octa-core yang diusung chipsetnya.

Smartphone ini akan mengusung Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi baterai 4 kali lebih cepat ketimbang pengisian daya konvensional. Selain itu akan ada sensor pemindai sidik jari yang telah lazim ada di smartphone mid-range.

Nokia 6 juga tak kehilangan kesan stylish namun ergonomis yang selalu diusung smartphone asal Finlandia tersebut di setiap perangkatnya. Meski demikian, sentuhan Nokia akan sedikit terkikis karena ada sedikit campur tangan dari HMD dalam hal desain.

Smartphone ini akan tersedia dalam waktu dekat di China dan secara eksklusif hanya dijual di JD.com. HMD memilih China sebagai pasar karena pengguna smartphonenya yang tinggi, yang diprediksi capai 593 juta pengguna di tahun 2017. Nokia akan membanderolnya dengan harga US$245 atau sekitar Rp 4,7 juta. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: