Genjot inovasi karyawan, Semen Indonesia bisa raup efisiensi Rp880 miliar

Selasa, 10 Januari 2017 | 11:07 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: Produsen semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk kembali menggelar Semen Indonesia Award on Innovation (SMI-AI) 2016 yang merupakan ajang penghargaan bagi inovasi-inovasi terbaik karyawan Semen Indonesia Group.

Direktur Utama Semen Indonesia, Rizkan Chandra, mengatakan melalui inovasi-inovasi yang dicetuskan karyawan tahun 2016 lalu, perseroan diperkirakan bisa memperoleh efisiensi biaya senilai lebih dari Rp 880 miliar.

“Selain ajang apresiasi kepada pelaku inovasi, Semen Indonesia Award on Innovation (SMI-AI) digelar untuk menumbuhkan semangat dan menciptakan budaya berinovasi, meningkatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan konsolidasi di lingkungan Semen Indonesia Group (SMIG), Serta memberikan apresiasi terhadap karyawan, unit bisnis dan korporasi yang berkontribusi positif pada peningkatan kinerja korporasi secara umum,” katanya kepada wartawan di sela pembukaan Semen Indonesia Award on Innovation (SMI-AI) 2016 di Kantor Pusat Semen Indonesia di Gresik, Senin (9/1/2017).

Ia menambahkan, pada ajang SMI-AI tahun ini terdapat 420 proporsal inovasi yang diajukan para karywan di lingkungan Semen Indonesia Group, baik anak usaha maupun afiliasi. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 411 proposal masuk.

“Ini menunjukkan Innovation Award mendapatkan respon dan antusiasme dari para karyawan. Ini tentunya juga sangat positif bagi perusahaan karena efisiensi bisa tercapai,” ujar RIzkan.

Untuk mendukung kegiatan inovasi ini, manajemen Semen Indonesia juga telah membentuk Biro Manajemen Inovasi yang mempunyai tugas khusus mengimplementasikan dan mengembangkan Manajemen Inovasi Semen Indonesia untuk mendorong budaya inovasi seluruh karyawan Semen Indonesia Group dan sekaligus mengawal implementasi ide-ide inovasi sampai dengan pendaftaran paten atas ide-ide inovasi yang dihasilkan.

Selain pengembangan ide-ide inovasi, Semen Indonesia juga akan fokus mematenkan hasil inovasi dari para karyawannya agar tidak dimanfaatkan secara ilegal oleh pihak lain.

Salah satu hasil karya inovasi karyawan Semen Indonesia Group yang berhasil diimplementasikan tahun sebelumnya dan terbukti memberikan dampak signifikan terhadap perusahaan antara lain inovasi kategori produk dan bahan baku yang mendapatkan penghargaan Semen Indonesia Award on Innovation 2014 sekaligus mendapat penghargaan tingkat Nasional maupun Internasional adalah Inovasi dari Tim Progressive yang berjudul Dust Return sebagai material baru untuk pengembangan produksi PPC dengan total benefit yang didapatkan sebesar Rp 453 miliar.

Sementara itu, Menteri Perindutrian RI Airlangga hartarto, dalam kesempatan yang sama mengatakan pelaku industri di Indonesia khususnya BUMN harus terus meningkatkan daya saing industri, salah satunya dengan implementasi teknologi informasi dalam berbagai bidang industri.

“Saat ini pelaku industri di seluruh dunia sedang bertransformasi untuk menyambut Revolusi Industri yang ke-4 atau dikenal dengan istilah Industri 4.0, yang menekankan pada Platform Internet of Things untuk mencari langkah-langkah efisiensi dan optimalisasi proses produksi agar mencapai output yang maksimal. Kementerian Perindustrian mengkaji beberapa industri untuk dikembangkan sebagai sektor pionir bagi perkembangan Industri 4.0 di Indonesia. Untuk itu diharapkan industri semen termasuk perusahaan semen pada Semen Indonesia Group melakukan transformasi sesuai dengan perkembangan teknologi Industri 4.0 yang dapat diterapkan secara bertahap,” katanya. kbc8

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: