Facebook bakal sisipkan iklan di seluruh video miliknya

Selasa, 10 Januari 2017 | 22:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Iklan telah menjadi sumber pendapatan utama penyedia layanan media sosial. Tak mengherankan bila Facebook pun terus berupaya memaksimalkan perolehan dari iklan tersebut. Media sosial milik Mark Zuckerberg itu akan segera menyisipkan iklan dalam seluruh layanan video mereka.

Iklan video Facebook ini disebut mid-roll ads. Sesuai dengan namanya, iklan berbayar ini akan ditempatkan di tengah-tengah penayangan video Facebook. Artinya, video ini akan menyela aktivitas menonton penggunanya, seperti dilansir melalui Gsmarena.com, Selasa 10 Januari 2017.

Iklan di tengah penayangan video ini akan muncul setelah 20 detik pertama video ditonton penggunanya. Juga beruntungnya, iklan video ini hanya akan muncul pada video dengan durasi minimal 90 detik.

Saat ini, mid-roll ads sudah diuji coba pada fitur live video. Nantinya, iklan tipe ini akan dipasangkan di seluruh video yang diunggah di halaman Facebook seseorang.

Facebook akan membagi nilai pendapatan antara perusahaannya dengan kreator konten dan menyimpan 45 persen dari nilai penjualan. Sedangkan kreator konten akan mendapat porsi 55 persen. Sistem penawaran ini sama dengan yang ditawarkan YouTube.

Sistem iklan ini akan memunculkan kesempatan banyak penerbit untuk memonetisasi video Facebook mereka. Saat ini, pengguna Facebook sudah menonton kurang-lebih 100 juta jam video per hari.

Sistem iklan sisipan yang digunakan Facebook ini menimbulkan kecurigaan pengguna akan berhenti menonton video ketika detik ke-21 datang dengan iklan. Iklan cara ini diduga lebih mengganggu ketimbang iklan pr-roll ads yang digunakan oleh YouTube. kbc10

Bagikan artikel ini: