Bank Mandiri bikin Rumah Kreatif kerek daya saing UMKM

Rabu, 11 Januari 2017 | 22:02 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bank Mandiri Tbk terus berinovasi dalam memperkuat dukungan kepada perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Untuk itu, perseroan memperkenalkan tiga Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri di wilayah Jawa Timur, yakni di Surabaya, Trenggalek, dan Ponorogo.  Ketiganya menjadi bagian dari 17 RKB Bank Mandiri yang akan dihadirkan Bank Mandiri di seluruh Indonesia, dari Sumatera sampai Papua. 

Rumah Kreatif BUMN merupakan program sinergi BUMN dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan bagi UMKM guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri. Rumah Kreatif BUMN ini akan berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, program ini adalah hasil analisa mendalam karena selama ini banyak UMKM yang dibiayai bank-bank milik BUMN maupun CSR BUMN, namun tidak bisa naik kelas.

"RKB ini harapannya mampu menyambung dan mempertemukan kreatifitas anak muda dengan pengusaha yang bergerak di UMKM sehingga dalam kualitas, bentuk, maupun desainnya mampu mengikuti tren pasar," kata Rini seusai membuka RKB di Surabaya, Rabu (11/1/2017).

RKB juga diharapkan membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan akses permodalan serta membantunya lebih kreatif dalam pengemasan, salah satunya di bidang konveksi atau pakaian yang nantinya dihubungkan dengan desainer terkenal sehingga hasilnya lebih baik serta pemasarannya semakin luas.

"Termasuk pembinaan untuk muda yang disambungkan dengan pelaku UMKM. Apalagi anak muda sekarang berpikirnya progresif dan memiliki kemampuan akses digital lebih canggih, yang hasilnya kemasan dan potongan produknya menjadi lebih menarik," katanya.

Di dalam RKB nantinya, lanjut dia, juga menjadi tempat untuk membantu pelaku UMKM memiliki hak cipta atau hak paten agar terjamin kualitas dan sumber daya manusianya, termasuk program sertifikasi halal untuk makanan di Indonesia. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, keberadaan Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri ini dimaksudkan sebagai implementasi dari komitmen perseroan dalam memberdayakan UMKM secara berkelanjutan agar dapat menjadi go digital dan semakin layak mendapatkan akses pendanaan dari lembaga pembiayaan.

“Di Rumah Kreatif BUMN ini, pelaku UMKM akan mendapatkan manfaat seperti digitalisasi usaha melalui portal e-commerce blanja.com, seleksi UMKM potensial untuk pengembangan usaha lanjutan, serta pelatihan pengembangan kewirausahaan terkait proses produksi, bahan baku, packing, branding dan pengelolaan keuangan. Kami berharap setidaknya ada sebanyak 10 pelaku UMKM yang bisa go digital di setiap RKB Bank Mandiri pada setiap bulannya,” ujar Kartika.

“Tentu saja, UMKM peserta RKB Mandiri juga berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan dari Bank Mandiri dan perusahaan anak dalam bentuk produk KUR, Kredit Usaha Mikro, serta produk dan layanan perbankan penunjang usaha lainnya, termasuk investasi dari PT Mandiri Capital Indonesia bagi UMKM di bidang financial technology,” kata Kartika.

Adapun pelaku UMKM yang menjadi target program RKB Bank Mandiri, lanjut Kartika, adalah pelaku UMKM yang menjadi nasabah Bank Mandiri segmen micro banking, penerima program KUR Bank Mandiri, alumni Program Kemitraan Bank Mandiri serta UMKM lain yang berlokasi di sekitar RKB Mandiri. kbc3

Bagikan artikel ini: